Pengendara Wajib Tahu, Ini Fungsi Rem Tromol Sepeda Motor!

Pengendara Wajib Tahu, Ini Fungsi Rem Tromol Sepeda Motor!
rem tremol.(suzuki.co.id)
0 Komentar

CIANJUR, CIANJUREKSPRES- Buat kamu pengendara motor tentunya wajib mengetahui beberapa fungsi dan komponen pada sepeda motor. Seperti fungi rem tromol.

Keberadaan rem tromol sangatlah penting bagi motor karena memiliki fungsi untuk dapat menahan laju kendaraan sehingga bisa berhenti dengan halus.

Cara kerja pada rem ini dengan terjadi beberapa gesekan yang mengubah roda yang tengah berputar secara perlahan akan mengurangi laju. Sehingga roda tersebut bisa berhenti.

Baca Juga:Apa Yang Membuat Bella Kerompot ViralKathydi Perempuan Berjilbab dan Kacamata Bikin Heboh Warganet

Saat terjadi gesekan, ini akan membuat suhu pada rem menjadi meningkat.
Selain itu, rem tremol juga terbagi dalam beberapa komponen, sebagai berikut :

1. Brake Drum

Salah satu komponen ini memiliki bentuk menyerupai tabung, dengan fungsi menjadi media gesekan pada kampas saat terjadi pengereman. Kemudian komponen ini juga berada di bagian tengah roda kendaraan dan terbuat dari material padat sehingga tahan akan hawa panas.

Saat menggunakan rem, laju roda mengalami pengurangan sehingga dapat berhenti dengan cara yang halus.

2. Tuas

Pedal rem atau yang biasa orang menyebutnya pedal rem sebenarnya ada dua bagian, seperti pedal injak yang terdapat pada pedal rem hingga motor bebek. Tentunya tuas ini memiliki fungsi untuk mengerem.

3. Anchor Pin

Komponen anchor pin merupakan salah satu benda yang penting dengan memiliki fungsi sebagai center sepatu rem dan menjaga sepatu rem saat membuka atau menutup bisa lancar.

4. Return Spring

Benda ini memiliki fungsi untuk dapat mengembalikan posisi ke brake shoe setelah pengereman terjadi. Return Spring memiliki dua bagian seperti uper spring dan lower spring.

5. Brake Cam Lever

Salah satu fungsi brake cam lever berfungsi untuk menggerakan sepatu rem dan tromol bisa ikut tertekan.

Baca Juga:Gerak Cepat Polisi Kantongi Identitas Pemeran Kebaya HijauMengenal Sesar Baribis, Salah Satu Sesar Aktif di Jawa Barat

Demikian merupakan informasi mengenai komponen rem tremol yang terdiri dari brake drum, tuas, achor pin, return spring hingga brake cam lever.

0 Komentar