Yuk Cari Tahu! Ternyata Ini Pengertian Iklan dan Jenis-jenisnya

Editor:

CIANJUR, CIANJUREPSKRES- Iklan adalah suatu cara untuk mempromosikan barang dan jasa kepada khalayak untuk dapat mendorong minat. Media iklan beberapa media seperti media cetak, radio, televisi billboard dan internet.

Menurut Fatihudin dan Firmansyah (2019: 164) Iklan merupakan model komunikasi yang dapat menjangkau publik secara luas. Menggunakan iklan dapat berfungsi untuk membangun image jangka panjang dan juga mempercepat quick sales. Selain itu iklan juga Menayangkannya berulang-ulang serta dapat memperoleh efek dramatisasi dari iklan yang ditayangkan tersebut.

Sedangkan menurut Faela Sufa, iklan merupakan media informasi dengan pembuatannya dengan menggunakan beberapa cara tertentu untuk dapat menarik para penonton, asli dan juga memiliki karakteristik tertentu dan persuasif, sehingga secara sukarela terdorong untuk melalukan sesuatu sesuai harapan pengiklan.

 

jenis-jenis iklan

1. iklan permintaan

Iklan permintaan merupakan suatu peyampaian informasi yang bertujuan untuk mencari atau meminta jasa dari orang yang sedang melihatnya.

2. iklan pemberitahuan

Iklan pemberitahun merupakan suatu iklan yang menyampaikan suatu informasi yang memiliki tujuan untuk menayangkan suatu hal yang penting kepada masyakrat luas.

BACA JUGA: 5 Ciri Jika Kamu Sudah Matang dan Dewasa, Gak Baperan

3. iklan layanan masyarakat

Iklan layanan masyarakat adalah suatu iklan yang memiliki tujuan memberikan edukasi kepada masyarakt dan berisi konten pesal sosial.

Sebagaimana mengutip dari beberapa sumber, Rschmat Kriyantono, Ph.D mengungkapkan bahwa iklan layanan masyarakat adalah iklan yang berisi pesan mengajak masyarakta untuk bisa berpartisipasi menyukseskan program pemerintah yang bertujuan untuk kepentingan bersama.

BACA JUGA: Jadwal Pelayanan SIM Keliling Polres Cianjur Hari Ini, Rabu 7 Desember 2022

4. Iklan Niaga

Jenis iklan yang tak kalah penting adalah iklan niaga yang merupakan suatu iklan yang bertujuan utuk dapat memperomoisikan suatu produk, memperkenalkan dan menawarkan. Iklan ini biasanya disebut sebagai iklan produk.

Penawaran iklan ini biasanya banyak ditemuai di beberapa media seperti televisi, radio dan koran.

Selain itu tujuan menggunkana iklan niaga ini juga untuk meningkatkan brand awarenes yang mana masyarakat lebih mudah dan sering mendengar merek iklan tersebut.

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *