Cara Cek Sinyal TV Digital Agar Semua Siaran Bisa Ditangkap

cara cek siaran tv digital (Pixabay)
Cara cek siaran TV digital agar semua bisa ditangkap dengan lengkap
0 Komentar

CIANJUR,CIANJUREKSPRES- Beragam persoalan muncul usai diberlakukannya Analog Switch Off (ASO) atau perpindahan TV analog ke digital. Salah satu yang paling banyak dicari saat ini ialah cara cek sinyal TV digital agar semua siaran dapat ditangkap dengan jelas.

Sebenarnya ada beragam cara yang bisa dilakukan untuk mengecek sinyal TV digital agar semua siaran bisa tertangkap dengan baik.

Cara cek sinyal TV digital bisa dilakukan melalui android secara online atau dengan bantuan aplikasi.

Baca Juga:Viral! Lirik Lagu Cheshire ITZY Dan Terjemah Bahasa IndonesiaAnti Ribet! Ini 6 Cara Mudah Screenshoot di Laptop dan PC

Berikut cara cek sinyal TV Digital dilansir dari Pasundan Jabar Ekspres:

Untuk mengecek sinyal TV digital bisa dilakukan menggunakan aplikasi resmi dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo).

Dengan bantuan aplikasi tersebut kamu bisa cek  di wilayahmu yang sudah mulai mengudara.

Cara cek sinyal tv digital

1. Unduh aplikasi Sinyal TV Digital di Google Play Store atau App Store

2. Buka aplikasi

3. Lalu, platform akan meminta izin mengakses lokasi Anda. Kemudian pilih izinkan Aplikasi akan menampilkan peta sesuai lokasi.

4. Pada bagian kiri bawah, terdapat kolom Legend. Jika kolom itu kamu buka, maka bakal memberikan informasi lokasi sinyal televisi digital dengan keterangan kuat hingga lemah.

5. Cek warna pada peta untuk mengetahui ada tidaknya siaran digital. Akan ada keterangan terkait warna di platform.

Baca Juga:Mengenal Hujan Zenithal yang Kerap Terjadi di Siang Hari TerikCatat! Ini Daftar Harga Set Top Box Bersertifikat Kominfo

Merah berarti sinyal bagus, hijau atau kuning sedang, dan abu-abu biru kurang jelas.

Pasang Set Po Box tv digital

Jika kamu sidah melakukan pengecekan lokasi kamu dengan sinyal tv digital.

Maka langkah selanjutnya yang kamu harus ketahui adalah cek perangkat tv anda, apakah sudah lengkap dengan penerimaan siaran digital DVBT2.

Bila belum, kamu bisa lengkapi dengan memasang perangkat set top box (STB) tv digital.

STB akan membantu sinyal televisi digital yang sampai ke antena untuk dapat menampilkan siaran meski televisi  yang digunakan adalah televisi untuk siaran analog.

Setelah perangkat televisimu tersambung, pilih opsi Pengaturan/Setting kemudian pilih auto scan untuk memindai program-program siaran TV Digital.

0 Komentar