Spesial Malam Jum’at, Yuk Amalkan 4 Sholawat Berikut

Spesial Malam Jum'at, Yuk Amalkan 4 Sholawat Berikut
llustrasi (internet)
0 Komentar

CIANJUR, CIANJUREKSPRES- Malam Jum’at merupakan waktu yang baik untuk beribadah termasuk membacakan sholawat.

Selain membaca sholawat, beberap anjuran beribadah seperti membaca surah Al-Kahfi dan Yassin juga disarankan.

Membaca sholawat memiliki beberapa keutamaan bagi para pembacanya, apalagi dibacakan pada saat malam Jum’at.

Baca Juga:Ramalan Zodiak Taurus Besok, Jum’at 2 Desember 2022Selaian Pakai Jebakan Tikus, Ini 3 Cara Mengusir Tikus dengan Ampuh, Simak penjelasannya!

Dilansir dari JabarEkspres, berikut ini merupakan shalawat yang banyak dibaca saat malam jumat diantaranya:

1. Sholawat Hajat Dunai Akhirat

اَللّـٰــهُمَّ صَلِّ عَـلـٰى سَيَّـدِنَـا مُحَمَّدٍ وَعَـلـٰى أَلِ سَيِّـدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلـٰى أَهْلِ بَــيْـتِهِ

Artinya :
“Ya Allah, limpahkanlah rahmat kepada junjungan kami Nabi Muhammad saw, dan kepada keluarga junjungan kami Nabi Muhammad saw, dan kepada ahli keluarganya ”

2. Sholawat Ummy

اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ عَبْدِكَ وَنَبِيِّكَ وَرَسُوْلِكَ نَبِى الْأُمِّـى وَعَلى أَلِهِ وَصَحْبِهِ وَسِلِّمْ

Artinya :
“Ya Alloh, limpahkanlah rahmat kepada junjungan kami Nabi Muhammad saw, sebagai hamba, Nabi, dan utusan-Mu yang Ummy (tidak bisa membaca dan menulis) beserta keluarga dan sahabatnya dengan salam yang sesungguhnya.

3. Sholawat Mukafa’ah

اَللّٰـهُمَّ صَلِّ عِلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلٰى أٰلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ صَلَاةً دَائِمَةً مَقْبُوْلَةً تُـؤَدِّى بِهَا حَقَّهُ الْعَظِيْمِ .

Artinya :
“Ya Alloh, limpahkanlah rahmat, salam dan berkah kepada junjungan kita Muhammad saw yang ummi (tidak bisa baca tulis) yang menjadi kekasih Alloh swt, yang luhur pangkatnya dan yang agung kemuliaannya, dan limpahkanlah pula atas keluarganya dan para sahabatnya.”

4. Sholawat Syifa

اَللّٰـهُمَّ صَلِّ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ طِبِّ الْقُلُوْبِ وَدَوَائِهَا وَصِحَّةَ اْلأَبْدَانِ وَعَافِيَتِهَا وَنُوْرِ اْلأَبْصَارِ وَضِيَائِهَا وَعَلٰى أٰلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمْ.

Artinya :

“Ya Alloh, limpahkanlah rahmat, kepada junjungan kita nabi Muhammad saw yang menjadi dokter semua hati dan obatnya, yang menjadi sehat semua badan dan kesejahteraannya, yang menjadi cahaya semua hati dan kemuliaannya. Dan semoga rahmat terlimpah kepada segenap keluarga beliau dan kepada para sahabat-sahabatnya, serta limpahkanlah salam dan kesejahteraan kepada mereka semua.

Adapun waktu membaca shalawat kepada Nabi Muhammad saw dan keluarga beliau as disunahkan setelah melaksanakan shalat Ashar pada hari Kamis hingga akhir hari Jumat.

Sebagai hadist Rasulullah SAW dalam Shahih al-Bukhari dan Shahih Muslim, dari Abu Hurairah radhiyallahu anhu, bahwasanya:

Baca Juga:Jelang Liburan, Yuk Kenali 4 Curug Eksotis di CianjurRamalan Zodiak Aries Hari Ini, Kamis 1 Desember 2022

“Bahwa Rasulullah shallallahu alaihi wasallam menyebut hari Jum’at, lalu menyatakan, ‘Di dalamnya terdapat satu saat yang tidaklah seorang hamba muslim menepatinya dalam keadaan ‘berdiri melaksanakan shalat’ untuk memohon sesuatu kepada Allah, melainkan Allah mengabulkan permintaannya,seraya mengisyaratkan dengan tangannya bahwa waktunya cuma sebentar.”

Disebutkan pula pada hadist lain bahwa orang yang meninggal Malam Jumat akan masuk surga.

0 Komentar