Yuk Baca Surah Al-Kahfi Setiap Hari Jum’at, Ketauhilah Keutamaannya

Yuk Baca Surah Al-Kahfi Setiap Hari Jum'at, Ketauhilah Keutamaannya
ilustrasi ibadah.(pixabay)
0 Komentar

CIANJUR, CIANJUREKSPRES- Menbaca surah Al-Kahfi merupakan suatu anjuran bagi umat Islam.

Dalam membaca surah Al-Kahfi pada umumnya biasa dibacakan pada setiap hari Jum’at.

Hari Jum’at juga merupakan hari yang meningkatkan ibadah kepada Allah.

Baca Juga:Catat! 3 Makanan Ini Bisa Menurunkan DemamLink Tes Kepolosan, Cek Seberapa Polos Kamu Disini!

Untuk itu, agar dapat meningkatkan ibadah kepada Allah SWT salah satunya dengan melantunkan ayat suci Al-Qur’an.

Surah Al-Kahfi memiliki arti “Gua” serta Ashabul Kahfi yang dapat diartikan sebagai “penghuni-penghuni gua”.

Surat ini termasuk kedalam golongan malikiyyah, memiliki 110 ayat, surah ke-18 dalam Al-Qur’an dan terdapat di juz 15 di awal juz 16.

Sebagaimana yang dilansir Cianjur Ekspres dari mui.or.id, beirkut ini merupakan keutamaan membaca Al-Kahfi di Hari Jum’at:

1. Terhindar dari fitna Dajjal

Dari Abu Darda, Rasulullah SAW bersabda sebagai berikut ini yaitu:

من قرأ العشر الأواخر من سورة الكهف عُصم من فتنة الدجال

“Barangsiapa membaca sepuluh ayat pertama dari surat Al-Kahfi, maka ia akan terlindungi dari fitnah Dajjal.” (HR Ibnu Hibban).

Selain itu, di dalam kitab Al-Mukhtarah karya Al-Hafiz Ad-Diyaul Maqdisi disebutkan dari Abdullah ibnu Mus’ab, dari Manzur ibnu Zaid ibnu Khalid Al-Juhani, dari Ali ibnul Husain, dari ayahnya, dari Ali secara marfu’, yaitu:

” مَنْ قَرَأَ سُورَةَ الْكَهْفِ يَوْمَ الْجُمُعَةِ، فَهُوَ مَعْصُومٌ إِلَى ثَمَانِيَةِ أَيَّامٍ مِنْ كُلِّ فِتْنَةٍ، وَإِنْ خَرَجَ الدَّجَّالُ عُصِمَ مِنْهُ “

Artinya: “Barang siapa yang membaca surat Al Kahfi pada hari Jumat, maka ia dipelihara selama delapan hari dari segala fitnah dan jika Dajjal keluar, maka ia dipelihara dari fitnahnya.

2. Diampuni Dosa dalam Dua Jum’at

مَنْ قَرَأَ سُورَةَ الْكَهْفِ فِي يَوْمِ الْجُمُعَةِ، سَطَعَ لَهُ نُورٌ مِنْ تَحْتِ قَدَمِهِ إِلَى عَنَانِ السَّمَاءِ، يُضِيءُ لَهُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ، وغُفر لَهُ مَا بَيْنَ الْجُمُعَتَيْنِ

Baca Juga:Wajib Catat! Ini Beberapa Hal yang Menyebabkan Kamu Sulit Membagi WaktuCatat! Ini 5 Zodiak yang Mudah Jatuh Cinta

“Barang siapa yang membaca surat Al Kahfi pada hari Jumat, akan dibentangkan baginya cahaya mulai dari bawah telapak kakinya sampai ke langit. Cahaya itu akan memancarkan sinar baginya pada hari kiamat. Dan ia akan mendapatkan ampunan dari Allah di antara dua Jumat.” (HR Abu Bakr bin Mardawaih dari Abdullah bin Umar RA).

3. Sebagai Pengingat Hari Kiamat

Setiap umat Muslim seharusnya banyak mengingat akan adanya hari kiamat, karena dengan mengingat–ingat datangnya hari kiamat tersebut maka akan menuntun kita untuk melakukan kebaikan. Hal tersebut juga dituliskan di dalam surat Al Kahfi ayat 47 :

0 Komentar