Kapolri Kunjungi Korban Gempa Bumi di RSUD Sayang Cianjur

Kapolri Kunjungi Korban Gempa Bumi di RSUD Sayang Cianjur
0 Komentar

CIANJUR, CIANJUR EKSPRES – Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo mengunjungi korban bencana gempa bumi di RSUD Sayang Cianjur, Selasa (22/11/2022).

Selain memberikan bantuan berupa 3.000 paket sembako, Kapolri juga nampak menyambangi satu persatu korban yang dirawat di tenda-tenda darurat di halaman RSUD Sayang.

“Bantuan-bantuan sudah masuk, kita juga siapkan dapur umum di beberapa titik. Kita turunkan kurang lebih 1.000 personil kita untuk bantu evakuasi korban,” ujar Kapolri.

Baca Juga:KASAD Jenderal Dudung Abdurachman Tinjau Jalan Nasional yang Tertimbun Longsor Akibat Gempa di CianjurGempa Cianjur, BMKG Minta Masyarakat Waspadai Bencana Lanjutan Tanah Longsor dan Banjir Bandang

Menurutnya, karena kondisi RSUD Sayang yang belum layak maka rujukan akan diteruskan ke RS milik TNI dan Polri.

“Seperti untuk tindakan operasi, bisa dirujuk ke RS kita (Polri). Saya kira RS milik TNI juga siap untuk itu, juga RS milik swasta, akan bekerjasama. Yang penting bagaimana pasien yang ada bisa tertangani, khususnya yang kondisinya kritis,” kata dia.

Kapolri juga mengungkapkan, akan menyiapkan tim psikologi untuk lakukan pendampingan trauma healing pada korban anak-anak.

“Khususnya dipengungsian. Paling tidak kita berikan motivasi dan semangat dalam hadapi situasi yang seperti sekarang ini,” ungkapnya.

Selain itu, kepolisian kini tengah fokus untuk evakuasi, mendirikan posko pengungsian, juga pencarian dan perawatan korban bencana.

“Saya minta pada Kapolda untuk bisa ikut berpatroli khususnya di rumah-rumah yang ditinggalkan, untuk mengurangi angka kejahatan,” pungkas Kapolri.(mg1/hyt)

0 Komentar