Yuk Perhatikan! 4 Tips Mencuci Muka yang Benar agar Bersih dan Terhindar dari Jerawat

4 tips mencuci muka yang benar
Ilustrasi mencuci muka (Pixabay)
0 Komentar

CIANJUR, CIANJUREKSPRES.NET-  Memilikiwajah yang bersih, cerah, dan sehat merupakan dambaan setiap orang baik pada pria maupun wanita.

Sebaliknya jika muka dipenuhi jerawat dan terlihat kusam, maka seringkali orang akan menilai bahwa kita tidak pandai dalam merawat muka.

Untuk mendapat wajah yang bersih tersebut, tentunya kita perlu memperhatikan bagaimana cara mencuci muka dengan benar.

Baca Juga:Kumpulan Quotes Self-Care dan Maknanya, Bisa Bikin Semangat10 Ide Bisnis Online Tanpa Modal, Yuk Dicoba

Nah berikut 4 Tips Mencuci Muka yang Benar agar Bersih dan Terhindar dari Jerawat.

1. Membersihkan Makeup Terlebih Dahulu

Setelah menggunakan makeup, ada baiknya membersihkannya dengan menggunakan makeup remover.

Makeup remover ini bertujuan agar wajah menjadi lebih bersih dan tidak ada sisa makeup yang menempel di kulit muka. Karena sisa makeup tersebut berpotensi menyumbat pori-pori, dan hal ini wajib dilakukan untuk semua jenis kulit wajah.

2. Pilih Jenis Sabun Khusus Untuk Muka

Hindari penggunaan sabun batang, terkecuali yang memang dikhususkan untuk muka, karena hal itu akan mengubah keseimbangan ph kulit yang memungkinkan pertumbuhan bakteri dan jamur. Berdasarkan Penelitian dari American Academy of Dermatology menganjurkan penggunaan sabun muka dengan bahan yang lembut, non-abrasif, serta tidak mengandung alkohol.

3. Gunakan Air Hangat

Ada mitos yang beredar bahwa air hangat dapat membuka pori-pori kulit, sebaliknya air dingin akan menutupnya. Hal tersebut tidak lah benar adanya. Karena fakta menyebutkan bahwa suhu air ekstrem lah yang dapat meiritasi kulit. Penggunaan air saat mencuci muka akan membantu membersihkan muka dari debu dan kotoran yang menempel.

4. Gunakan Toner

Tips terakhir dari mencuci muka adalah menggunakan toner yang berfungsi untuk menjaga keseimbangan ph kulit dan melindungi muka dari bakteri yang dapat menimbulkan jerawat.

Nah itulah 4 4 Tips Mencuci Muka yang Benar agar Bersih dan Terhindar dari Jerawat. Semoga bermanfaat. (bbs/hsm)

0 Komentar