Produk UMKM Cianjur Masuk Ritel Modern

Produk UMKM Cianjur Masuk Ritel Modern
UMKM: Bupati Cianjur, Herman Suherman saat membeli produk UMKM Cianjur yang dipasarkan di salah satu ritel modern.(istimewa)
0 Komentar

CIANJUR, CIANJUREKSPRES.NET – Produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Cianjur sekarang sudah mulai masuk ke ritel modern. Hal ini ditandai dengan launching yang langsung dilakukan Bupati Cianjur, Herman Suherman bersama dengan Dinas Koperasi UKM, Perdagangan dan Perindustrian (Diskuperdagin) Cianjur serta dihadiri pihak ritel modern di Kecamatan Cipanas, Selasa (23/8).

“Kami dari Pemkab Cianjur sudah launching bekerjasama dengan ritel modern salah satunya dengan Indomaret. Kita sudah memfasilitasi sebanyak lima produk pelaku UMKM dari kue basah sampai kering,” ujar Kepala Bidang UMKM Diskuperdagin Cianjur, Epra Haryono di ruang kerjanya, Rabu (24/8).

Menurut Epra, rencananya akan ada 20 gerai atau toko yang akan menampung produk UMKM. “Ini salah satu upaya kita membantu pemasaran produk UMKM yang mungkin selama ini terkendala di pemasaran offline dan kita kejar memanfaatkan rotel modern,” kata Epra.

Baca Juga:Tak Ada TPS, Sampah Menumpuk Sembarangan di Jalan Protokol CipanasSiti Anisa, Gadis Asal Sukasirna Sukaluyu Cianjur Butuh Uluran Tangan Dermawan

Terlebih diungkapkan Epra, sesuai dengan Perda Kabupaten Cianjur Nomor 04 Tahun 2020 bahwa setiap ritel modern di Cianjur wajib memberikan space atau ruang untuk pelaku UMKM sebanyak 20 persen. “Jadi mereka harus menyedikan space bagi pelaku UMKM,” katanya.

Lebih lanjut Epra menjelaskan, ada beberapa persyaratan khusus yang memang diberikan pihak ritel modern agar produk UMKM bisa dipasarkan. Contohnya harus memiliki izin edar, sertifikat halal dan terutama sudah mempunyai Nomor Induk Berusaha (NIB).

“Kontinuitas produksi juga harus dijaga, jangan sampai ketika permintaan produk banyak tidak bisa terpenuhi,” katanya.

Disisi lain, Epra mengungkapkan, nantinya akan ada gerai UMKM yang besar di Kabupaten Cianjur. “Nah ini mungkin bersama dengan BUMD nanti bakal ada galeri UMKM di Alun-alun. Ini semuanya diisi oleh pelaku UMKM yang ada di Kabupaten Cianjur,” katanya.

Epra menyebut, gerai yang di sediakan oleh pelaku UMKM sendiri mulai dari makanan dan minuman serta kerajinan dan fashion yang ada di dalamnya.

0 Komentar