Hadapi Tekanan Inflasi, BI Jabar Respon Tantangan Global Melalui Digitalisasi

Hadapi Tekanan Inflasi, BI Jabar Respon Tantangan Global Melalui Digitalisasi
0 Komentar

Selain itu, perluasan implementasi digitalisasi tersebut juga ditujukan untuk menjadi katalis baru isu-isu ekonomi lainnya yang menjadi tema besar WJES 2022 yakni Melangkah Bersama Memajukan Ekonomi Jawa Barat yang Menyejahterakan Melalui Akselerasi Investasi, Infrastruktur, Digitalisasi dan Implementasi Green Economy. Dengan semangat yang menjiwai tema ini, WJES menjadi wadah dilahirkannya berbagai rekomendasi aplikatif terkait pengembangan ekonomi yang disertai digitalisasi sebagai kunci sukses pemulihan ekonomi Jawa Barat.

Lebih lanjut, Herawanto menyampaikan 6 rekomendasi kebijakan yang dapat dan disinergikan bersama, utamanya dengan pemerintah daerah dalam upaya untuk terus mengoptimalkan momentum pemulihan ekonomi sekaligus mengantisipasi potensi tekanan inflasi Jawa Barat tahun 2022 yaitu langkah koordinatif dalam merespon potensi stagflasi dunia dan tekanan inflasi yang tinggi, menjaga perbaikan kinerja ekspor dan investasi Jawa Barat di tengah tekanan global, terutama pada investasi di sektor ketahanan pangan dan fishery, memanfaatkan potensi Jawa Barat untuk berkembangnya sumber-sumber pertumbuhan ekonomi baru, mempercepat realisasi fiskal pemerintah daerah, peningkatan kapasitas pekerja untuk memenuhi kebutuhan pasar dan peningkatan inklusi dan literasi digital melalui pemanfaatan teknologi.

Di sisi lain, Ketua ISEI Cabang Bandung Koordinator Jawa Barat, Prof. Martha Fani Cahyandito menegaskan bahwa ISEI akan terus menjadi mitra strategis pemangku kebijakan baik pemerintah pusat, daerah hingga Bank Indonesia untuk terus bersinergi mendorong dan meningkatkan momentum pertumbuhan ekonomi sekaligus mengantisipasi potensi tekanan inflasi.

Baca Juga:Pemerintah Keluarkan Aturan Baru, Konten YouTube Bisa Jadi Jaminan Utang di Bank, Siap Jadi Konten Kreator?Tegas! Begini Kata Ridwan Kamil Soal Baim Wong Daftarkan Citayam Fashion Week ke HAKI

ISEI akan terus meningkatkan peran aktif dalam berbagai hal diantaranya melalui penyampaian rekomendasi kebijakan berbasis studi riset yang aplikatif kepada pemerintah, mendorong implementasi kebijakan yang ditujukan untuk pemerataan dan inklusivitas pertumbuhan ekonomi, hingga meningkatkan implementasi digitalisasi pada ekosistem kampus, terutama perluasan program digitalisasi kampus yang telah terjalin di Jawa Barat.

Hal tersebut merupakan wujud dukungan nyata ISEI guna menjaga dan meningkatkan momentum pertumbuhan ekonomi sekaligus mengantisipasi potensi tekanan inflasi. (*/nik)

0 Komentar