Hunian Hotel di Cianjur Naik 65 Persen Selama Libur Sekolah dan Idul Adha

Hunian Hotel di Cianjur Naik 65 Persen Selama Libur Sekolah dan Idul Adha
Ilustrasi: Tampak Pengurus PHRI Cianjur berfoto bersama.
0 Komentar

Cianjurekspres.net – Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Cianjur, mencatat tingkat hunian hotel mengalami peningkatan hingga 65 persen selama libur panjang sekolah dan Idul Adha 1443 Hijriah.

Ketua PHRI Cianjur, Nano Indrapraja, mengatakan, peningkatan 65 persen hunian hotel terjadi di akhir pekan. Sedangkan di hari biasa mencapai 35 persen.

“Tingkat hunian hotel di Cianjur pada libur lebaran haji tahun ini alhamdulillah ada peningkatan kisaran 35 persen untuk weekdays, dan 65 persen untuk weekend,” katanya, Minggu (10/7).

Baca Juga:Libur Sekolah, Taman Kelinci Sepi PengunjungGood Perfect

Menurutnya, peningkatan tersebut dikarenakan momen libur sekolah dan tamu yang datang mayoritas dari lokal seperti Jakarta, Bogor, Tangeran, Bekasi dan Bandung. “Tamu yang masuk atau datang liburan ke hotel rata-rata dari lokalan,” kata Nano.

“Selain itu ada juga dari corporate (perusahaan, red) dan juga pemerintahan yang mulai melakukan kegiatan di hotel,” sambungnya.

Meski demikian, Nano meminta pemerintah harus lebih peka yang artinya mengedepankan mengembangkan target wisata terlebih dahulu, jangan ke target pendapatan pajak.

“Disini juga peran pemerintah harus peka, jadi jangan melulu menargetkan penghasilan pajak, tapi bagaimana caranya agar potensi wisata ini bisa lebih cepat berkembang,” katanya.

Sementara itu, Manager Marcom Le Eminence Hotel, M. Riski Sutrisna, mengungkapkan, tingkat hunian pada libur lebaran haji kisaran 45 hingga 55 persen.

“Mereka atau tamu yang datang ke hotel mayoritas tamu lokalan, ada beberapa tamu dari luar seperti dari Arab namun masih bisa dihitung dengan jari,” tandasnya.(yis/hyt)

0 Komentar