Soal Program IPM yang Belum Tepat Sasaran, Ketua DPRD Cianjur: Jangan Hanya Fokus Infrastruktur Saja

Soal Program IPM yang Belum Tepat Sasaran, Ketua DPRD Cianjur: Jangan Hanya Fokus Infrastruktur Saja
Ketua DPRD Kabupaten Cianjur, Ganjar Ramadhan (Cianjur Ekspres)
0 Komentar

Cianjurekspres.net – Pemerintah Kabupaten Cianjur terus berupaya untuk meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM). Namun setelah diidentifikasi, program-program yang sudah direncanakan belum tepat sasaran.

Menanggapi hal ini, Ketua DPRD Kabupaten Cianjur, Ganjar Ramadhan, meminta Pemkab Cianjur tidak hanya fokus kepada persoalan infrastruktur saja, namun juga sektor lain seperti pendidikan dan kesehatan juga harus menjadi skala prioritas.

“Jangan hanya fokus kepada infrastruktur saja, memang (infrastruktur, red) perlu, tetapi (sektor, red) pendidikan dan kesehatan juga fokus untuk peningkatan IPM dan anggarannya. Kalau hanya meningkatkan (target kenaikan IPM, red) nol koma sekian, kabupaten lain juga akan meningkat lebih dari itu,” ujarnya kepada Cianjur Ekspres, Sabtu (18/6/2022).

Baca Juga:Sama SulitCatat! Ini Makanan yang Harus Diberikan untuk Balita Menurut Dr Zaidul Akbar

Menurutnya, banyak aspek untuk meningkatkan IPM di Kabupaten Cianjur. Terlebih, ungkap Ganjar, beberapa waktu Komisi D dan Pimpinan DPRD bersama beberapa dinas terkait sempat melakukan ekspose mengenai IPM khususnya di sektor pendidikan, kesehatan dan keluarga berencana.

“Pertama, mungkin di bidang pendidikan kita harus melihat juga dengan rata-rata lama sekolah. Tentunya di Kabupaten Cianjur, masih banyaknya masyarakat rentang usia 24-44 tahun yang hanya lulusan SD. Hal ini memang harus kita sadari, harus kita meyakini dan haru didorong juga di bidang pendidikan,” katanya.

“Sehingga kendala IPM dan indikator apa saja yang harus kita dorong di bidang pendidikan dan kesehatan, juga di bidang keluarga berencana,” sambung Ganjar.

Ganjar pun mencontohkan, Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) di Cianjur masih sedikit dan sosialisasi ke masyarakat pun minim. “Itu yang harus kita kejar minimal rata-rata lama sekolah.

“Mudah-mudahan Pemkab Cianjur selalu mendukung untuk peningkatan IPM dan anggaran khusus pendidikan atau jaminan kesehatan, jaminan sosial harus ditingkatkan untuk mendukung peningkatan IPM di Kabupaten Cianjur,” tukasnya.

Diberitakan sebelumnya, Pemerintah Kabupaten Cianjur terus berupaya untuk meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM). Namun setelah diidentifikasi, program-program yang sudah direncanakan belum tepat sasaran.

0 Komentar