Harga Cabai di Cianjur Masih ‘Pedas’, Kisaran Rp70 Ribu hingga Rp90 Ribu per Kilogram

Harga Cabai di Cianjur Masih 'Pedas', Kisaran Rp70 Ribu hingga Rp90 Ribu per Kilogram
0 Komentar

Cianjurekspres.net – Harga berbagai jenis cabai di sejumlah pasar tradisional di Kabupaten Cianjur terpantau masih tinggi, bahkan semakin pedas hingga menyentuh kisaran Rp90 ribu per kilogram. Informasi yang dihimpun, kondisi tersebut sudah berlangsung selama sepekan lebih.

Seperti yang diutarakan salah seorang pedagang sayuran di Pasar Cipanas, Herman. Menurutnya, kenaikan harga cabai sudah berlangsung cukup lama. “Kenaikannya lumayan sudah lama. Karena naiknya tidak langsung, tapi bertahap,” katanya kepada wartawan, Kamis (9/6).

Herman mengungkapkan, harga cabai yang awalnya Rp40 ribu saat ini naik menjadi Rp80-90 ribu per kilogram.

Baca Juga:Siswi SMAN 1 Cianjur Wakili Jabar di Paskibraka NasionalBersama Wabup Cianjur, Budhy Setiawan Tinjau Lokasi Pembangunan Jalan di Desa Karyamukti Campaka

“Kalau pembeli selalu ada saja, karena memang cabai ini dibutuhkan oleh masyarakat. Kalau naiknya mungkin akibat dari faktor cuaca, dan juga mungkin karena mau mendekati Idul Adha,” katanya singkat.

Sementara itu Kepala UPTD Pasar Cipanas, Widya Pratiwi, mengungkapkan, harga cabai sudah tiga pekan mengalami kenaikan. Seperti cabai rawit merah dari sebelumnya Rp40 per kilogram saat ini sudah mencapai Rp90 hingga Rp100 ribu per kilogram.

Begitupun dengan harga cabai rawit hijau dari Rp30 ribu kini menjadi Rp60 ribu per kilogram. Kenaikan serupa juga terjadi pada cabai merah TW dan Tanjung dari harga Rp35 ribu per kilogram menjadi Rp80 ribu per kilogram.

“Kenaikan harga cabai di Pasar Cipanas ini sudah berlangsung satu pekan, apa lagi untuk cabai merah Tanjung dan TW sudah tiga pekan lamanya,” katanya kepada wartawan, Kamis (9/6).

Widya mengatakan, penyebab kenaikan harga cabai karena curah hujan yang tinggi sehingga petani gagal panen dan informasi yang di terima karena adanya penyakit atau hama.

“Iya ini akibat curah hujan yang tinggi, sehingga para petani gagal panen, karena cabainya pada busuk dan berjatuhan. Jadi kalau biasanya petani dapat satu ton cabai, saat ini hanya lima kuintal saja,” ungkapnya.

Selain Pasar Cipanas, masih tingginya harga cabai juga terjadi Pasar Induk Cianjur. Berdasarkan data Harga Barang Kebutuhan Pokok dan Barang Penting (Bapokting) dari Diskoperdagin Cianjur sampai dengan Kamis (9/6) kemarin.

0 Komentar