Buka Bimbingan Manasik Haji, Bupati Cianjur Titip Ini ke Calhaj

Daftar Tunggu Haji Nyaris 100 Tahun, Ini Penjelasan Kemenag
Ilustrasi: Tampak ratusan calon jemaah haji asal cianjur saat mengikuti kegiatan pembukaan bimbingan manasik haji di Gedung As-Sakinah, Selasa (31/5/20220). Herry Febriyanto/Cianjur Ekspres
0 Komentar

Cianjurekspres.net – Bupati Cianjur, Herman Suherman, meminta sebanyak 629 calon jemaah haji (Calhaj) yang akan berangkat melaksanakan ibadah haji tahun ini bisa menjaga protokol kesehatan.

“Selamat kepada masyarakat khususnya dibawah 65 tahun bisa melaksanakan ibadah haji. Saya titip tetap jaga protokol kesehatan, karena disana itu yang datang dari seluruh dunia,” kata Herman kepada calon jemaah haji asal Cianjur saat membuka bimbingan manasik haji di Gedung As-Sakinah, Selasa (31/5/2022).

“Dan saya juga menyampaikan titip doakan Kabupaten Cianjur agar diajuhkan dari bala bencana,” imbuhnya.

Baca Juga:Gerindra Optimis Raih 16 Kursi DPRD Cianjur di Pemilu 2024Belum Tuntas, Pemkab Cianjur Usulkan Rp60 Miliar untuk Bangun Pasar Ciranjang

Sementara itu, Kasi Penyelenggara Haji dan Umrah Kantor Kemenag Cianjur, Usep Muhamad Tammam, menjelaskan, tujuan kegiatan bimbingan manasik haji tersebut agar seluruh calon jemaah haji dapat memahami tentang pelaksanaan ibadah haji yang benar.

Usep pun mengungkapkan, kuota full haji yang tertunda di Cianjur pada tahun 2020 dan 2021 sebanyak 1.361 calon jemaah haji yang dikarenakan khususnya kebijakan pemerintah Arab Saudi dengan pemotongan kuota 46 persen ditambah usia 65 tahun.

“Sehingga kuota Cianjur mendapatkan sebanyak 629 calon jemaah haji yang harus segera diberangkatkan pada tahun 2022,” katanya.

Lebih lanjut Usep mengatakan, kegiatan bimbingan manasik haji dilaksanakan selama dua hari di tingkat Kabupaten Cianjur, empat kali di tingkat kecamatan dan satu kali pembinaan ketua regu (Karu) dan ketua rombongan (karom).

“Pembinaan manasik haji akan disampaikan ilmu dan wawasan dari beberapa narasumber, materi tentang kebijakan pemerintah Indonesia tentang ibadah haji dan umrah, kebijakan pemerintah Arab Saudi tentang penyelenggaraan ibadah haji dan umrah, kebijakan pelayanan kesehatan dan alur perjalanan ibadah haji,” jelasnya.

Usep berharap, seluruh calon jemaah haji Cianjur dapat mengikuti dengan sebaik-baiknya kegiatan bimbingan manasik haji sehingga menjadi calon jemaah haji yang mandiri.(hyt)

0 Komentar