Ini Alasan Eril Berenang di Sungai Aare

Elpi Nazmuzzaman
Perwakilan Keluarga Gubernur Jawa Barat, Elpi Nazmuzzaman didampingi Kepala Bagian Materi dan Komunikasi Pimpinan Provinsi Jawa Barat - Akhmad Taufiqurrachman
0 Komentar

Cianjurekspres.net – Elpi Nazmuzaman yang merupakan paman Emmeril Khan Mumtadz atau Eril menceritakan awal mula keponakannya memilih untuk berenang di Sungai Aare, Bern.

Setibanya di Swiss, Eril bersama keluarganya didampingi temannya yang sudah lama tinggal di Swiss untuk bejalan-jalan. Salah satunya ke Sungai Aare memiliki panjang sebesar 295 km (183 mil) sebagai tempat warisan budaya dunia oleh UNESCO.

Di sungai tersebut pun tak hanya anak muda yang berenang ada juga lansia, anak-anak, bahkan hewan peliharaan. Melihat banyaknya yang berenang ia bersama adik dan kawannya pun ikut berenang dengan memilih lokasi yang aman.

Baca Juga:Hari Ketiga, Eril Masih Belum DitemukanHadapi Liverpool di Final Liga Champions, Carlo Ancelotti Minta Pemain Real Madrid Tunjukkan Kemampuan

“Eril ini punya sertifikat diving, ia pun hanya memperbolehkan orang-orang yang bisa berenang secara jago saja untuk turun. Alasannya karena ia paham seberapa derasnya arus di sungai tersebut, temannya yang tinggal di Swiss ini juga sudah memastikan lokasi yang mereka turun aman.”

“Tidak jauh dari tempat mereka ada keluarga yang sudah lansia dan anak-anak berenang disana sehingga memastikan lokasi tersebut aman untuk turun tanpa melompat, karena banyak juga yang melompat dari jembatan,” jelas Elpi.

Duta Besar Indonesia untuk Swiss, Muliaman Hadad menyebut, pihak kepolisian sungai sudah membuat rambu-rambu lokasi yang aman untuk berenang dan memberikan peringatan untuk lokasi yang tidak aman.

“Saat kejadian suhu air sekitar 16 derajat dan sedikit keruh, sehingga membuat pencarian sedikit terhambat,” ungkapnya.

Ia menyebut, keruhnya air sungai cenderung karena hujan atau bekas lelehan salju. Sebagai sungai yang menjadi warisan budaya oleh dunia pihak kepolisian sungai membuat website untuk memantau debit air, suhu air, hingga prediksi kederasan arus yang ada. Sehingga wisatawan yang ingin berenang selain melihat rambu di sepanjang sungai bisa juga cek melalui website.

“Air dari Sungai Aare itu kan langsung dialiri dari pengunungan makanya kenapa selalu dingin, posisinya pun berada di bawah gunung maka arusnya rata-rata cenderung deras dan hal itu justru yang menjadi sensasi wisatawan untuk berenang,” tukasnya. (*/nik)

0 Komentar