Survei Indo Riset: Anies Bisa Menangi Pilpres 2024 Jika Berpasangan dengan Ridwan Kamil atau Sandiaga

Survei Indo Riset: Anies Bisa Menangi Pilpres 2024 Jika Berpasangan dengan Ridwan Kamil atau Sandiaga
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bersama Menparekraf Sandiaga Uno.(antara)
0 Komentar

Cianjurekspres.net – Indo Riset merilis hasil survei yang menyatakan bahwa Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan bisa memenangi Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 apabila berpasangan dengan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil (RK) atau Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno.

“Indo Survei sendiri menemukan, dalam simulasi yang ditawarkan terhadap 1096 responden tersebut, Anies Baswedan akan memenangi Pilpres jika berpasangan dengan dua kandidat cawapres paling kuat, yakni Pak RK atau Ridwan Kamil dan Sandiaga Uno,” kata Peneliti Indo Riset, Roki Arbi, dalam keterangan yang diterima di Bandung, Jumat (20/5/2022).

Dengan peta pilpres yang masih ketat, dia menyebutkan jarak elektabilitas antar-calon sangat dekat sehingga masih terlalu dini memprediksi pemenang Pilpres 2024.

Baca Juga:Diskominfosantik akan Survei Kebutuhan 59 Desa Blank Spot di CianjurPemkab Cianjur akan Bangun Rumah Subsidi Bagi Guru, Ini Lokasinya

“Di dalam beberapa simulasi pasangan calon ditemukan bahwa faktor pasangan cawapres akan mempengaruhi preferensi pemilih dalam pilpres,” tambahnya.

Menurut dia, saat ini terdapat tiga lapisan elektabilitas kandidat bila menggunakan simulasi 18 nama, antara lain Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan, selaku tokoh dengan elektabilitas di atas 15 persen.

Selanjutnya, tokoh dengan elektabilitas 4 hingga 10 persen ada nama Ketua Umum DPP Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), Ridwan Kamil, dan Sandiaga Uno. Sementara dalam simulasi “melawan Ganjar-Erick Thohir”, Anies diprediksi menang jika dipasangkan dengan Sandiaga Uno dengan perolehan suara 49,5 persen.

“Anies juga akan menang jika dipasangkan dengan Ridwan Kamil dengan 49,1 persen,” katanya.

Roki menambahkan pasangan Anies-Sandiaga bisa menang melawan pasangan Ganjar-Ridwan, karena suara pendukung Ridwan Kamil sendiri cukup signifikan menyokong Anies Baswedan.

Hal itu terlihat dari migrasi suara pemilih Ridwan Kamil jika Pilpres hanya mengerecut pada dua nama, yakni Anies Baswedan dan Prabowo Subianto, dengan perolehan suara masing-masing sebesar 46,4 persen, katanya.

“Jadi, meski yang paling populer adalah Prabowo, namun yang paling disukai adalah Ganjar dengan 90,7 persen, Sandiaga Uno dengan 84,7 persen, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dengan 83,2 persen, dan Anies dengan 81,2 persen,” kata Roki.

0 Komentar