oleh

Libur Lebaran, Pengunjung Kebun Raya Cibodas Mulai Meningkat

Cianjurekspres.net – Pengunjung objek wisata Kebun Raya Cibodas (KRC), Kecamatan Cipanas, Kabupaten Cianjur, mulai mengalami peningkatan pada libur lebaran tahun ini.

Corcom Kebun Raya Cibodas, Clara, mengatakan, tingkat kunjungan ke KRC dihari pertama lebaran kemarin menunjukkan peningkatan dibanding Ramadan tahun sebelumnya.

“Jika dibandingkan dengan libur Natal dan tahun baru (Nataru) libur idulfitri tahun ini masih dibawahnya,” kata Clara, Rabu (4/5/2022).

Clara mengatakan, kurang lebih 1500 pengunjung yang datang ke KRC. Namun dipastikan akan ada peningkatan hingga akhir pekan.

Baca Juga: Bupati Cianjur Meninjau Sejumlah Puskesmas

“Analisa kami, pada hari pertama, publik masih terbagi waktunya untuk silaturahmi keluarga.
Dan hari kedua peningkatan pengunjung terjadi menjelang siang, mungkin karena terhalang padatnya arus lalulintas di jalur puncak,” katanya.

Sementara itu General Manager Corporate Communication dan Security Kebun Raya Cibodas, Zaenal Arifin, mengatakan, perbedaan jumlah pengunjung lebaran antara tahun 2021 hingga 2022.

“Pada 2022 ini tingkat kunjungan mengalami perbedaan hampir 3x lipat dibanding jumlah pengunjung pada hari pertama lebaran 2021 lalu,” kata Zaenal.

Menurutnya, KRC pun berharap bisa turut serta dalam pemulihan ekonomi dengan tetap mengesankan protokol kesehatan agar tempat wisata dapat terus diijinkan beroperasi.

“Kami manajemen KRC sangat patuh pada protokol kesehatan, adapun jika pengunjung sudah melebihi akan dibatasi,” katanya.

Untuk plat kendaraan mayoritas luar cianjur, akan tetapi untuk pengunjung bisa dibilang 50 persen lokal dan 50 persen luar Cianjur.

“Pengunjung yang masuk ke KRC harus mengikuti arahan dari pemerintah mengenai ketentuan tempat pariwisata sesuai inmendagri terbaru. Sedangkan untuk Kabupaten Cianjur masuk di level satu namun tetap menjalankan prokes ketat serta penggunaan aplikasi PeduliLindungi,” jelasnya.

Zaenal mengatakan, jika ada pengunjung yang belum vaksin KRC menyediakan gerai vaksin yang berkolaborasi antar pengelola KRC (MNR) dengan Polres Cianjur sekaligus melaksanakan pengamanan ketupat lodaya serta tenaga kesehatan dari puskesmas Cipanas.(yis/hyt*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.