Pelatihan ESQ Puluhan Pejabat di Cianjur Habiskan Ratusan Juta Rupiah

Pelatihan ESQ Puluhan Pejabat di Cianjur Habiskan Ratusan Juta Rupiah
ESQ: Tampak beberapa pejabat di lingkungan Pemkab Cianjur tengah mengikuti pelatihan ESQ yang dilaksanakan di wisata alam Sevillage, Kecamatan Cipanas 21-22 Maret 2022. (IST)
0 Komentar

Cianjurekspres.net – Pelatihan Emotional Spiritual Quotient (ESQ) yang digelar Pemerintah Kabupaten Cianjur dan diikuti puluhan pejabat dari mulai Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Dirut BUMD, Camat serta dihadiri Bupati Cianjur, Herman Suherman ternyata menghabiskan anggaran ratusan juta rupiah. Kegiatan tersebut berlangsung selama dua hari dari 21-22 Maret 2022 di salah satu objek wisata di Kecamatan Cipanas, Cianjur.

Terkait hal tersebut, Bupati Cianjur, Herman Suherman, mengatakan, pelatihan ESQ tersebut sangat penting sekali bukan hanya skill (kemampuan) saja, termasuk pemikirannya dan hatinya perlu dikompakkan. “Dan saya merasakan, saya alumni pertama ESQ di Kabupaten Cianjur,” katanya kepada wartawan saat dikonfirmasi di Pendopo Bupati Cianjur, Selasa (29/3).

Bahkan hari ini (kemarin, red), Herman mengungkapkan, Dinas Kesehatan Cianjur dan Puskesmas secara swadaya mengadakan pelatihan ESQ. “Mereka yang membayar sendiri, kalau kemarin dari anggaran pemerintah. Sekarang Dinas Kesehatan swadaya, mereka bayar sendiri masing-masing dikumpulkan mengadakan trainning ESQ,” ucapnya.

Baca Juga:Target PAD Pasar 2021 Tak Tercapai, Ini Alasan Diskoperdagin CianjurSatu Napi Teroris di Lapas Cianjur Berikrar Setia Pada NKRI

Dirinya mengatakan, hal yang ditekankan dalam pelatihan ESQ terkait dengan kepribadian, emosional, kinerja dan karakter. “Makanya perlu untuk membentuk kesatuan, untuk mencapai visi misi Kabupaten Cianjur,” papar Herman.

Saat dikonfirmasi perihal anggaran kegiatan pelatihan ESQ puluhan pejabat, Herman hanya menjawab itu teknis dan meminta menanyakan ke OPD yang bersangkutan. “Itu teknis, tanyakan ke OPD yang bersangkutan. Saya mah kebijakan,” katanya.

Sementara itu, Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Cianjur, Dadan Ginanjar, mengungkapkan, jika anggaran kegiatan pelatihan ESQ selama dua hari di kawasan wisata di Kecamatan Cipanas yang diikuti puluhan pejabat tercantum dalam Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) dengan nilai Rp275 juta. “Tercantum, ada di DPA, Rp275 juta,” katanya kepada wartawan.

Menurutnya, anggaran sebesar itu digunakan untuk satu kali penyelenggaraan yang diikuti 80 orang termasuk akomodasi selama dua hari. “Nilai Rp275 juta untuk penyelenggara, akomodasi, satu kali penyelenggaraan 80 orang,” kata Dadan.

Diberitakan sebelumnya, puluhan pejabat di Kabupaten Cianjur, mengikuti pelatihan Emotional Spiritual Quotient (ESQ) di wisata alam Sevillage, Kecamatan Cipanas. Kegiatan tersebut berlangsung selama dua hari mulai Senin sampai Selasa (21-22/3).

0 Komentar