Survei Charta Politika: Tingkat Kepuasan Masyarakat 70 Persen, Elektabilitas Ridwan Kamil Dekati Prabowo di Jawa Barat

Survei Charta Politika: Tingkat Kepuasan Masyarakat 70 Persen, Elektabilitas Ridwan Kamil Dekati Prabowo di Jawa Barat
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil
0 Komentar

Cianjurekspres.net – Lembaga survei Charta Politika Indonesia, merilis hasil sigi terbaru mereka, Rabu (16/3). Dimana khusus di Jawa Barat menunjukkan tingginya tingkat kepuasan masyarakat terhadap pemerintahan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil.

Kepuasan terhadap lelaki berdarah pasundan yang digadang-gadang sebagai calon presiden (capres) 2024 nanti itu lebih dari 70 persen.

Sebaliknya, kepuasan terhadap pemerintahan pusat di bawah Presiden Joko Widodo atau Jokowi di bawah 70 persen. Di mana30,6 persen kurang puas dan tidak puas sama sekali.

Baca Juga:Pembelian Gula Pasir Dibatasi, Maksimal 2 KilogramNgaku Petugas PLN, Maling Berhasil Gasak Handphone

“Masyarakat Jawa Barat lebih puas dengan kinerja pemerintah provinsi dibandingkan dengan pemerintah pusat,” demikian kesimpulan sigi yang dirilis Rabu (16/3).

Survei ini mencoba membaca perilaku dan pilihan masyarakat terkait tiga aspek. Pertama, kepuasan publik terhadap kinerja pemerintah pusat dan provinsi. Kedua, pengetahuan pelaksanaan Pemilu 2024 dan wacana penundaan Pemilu. Ketiga, elektabilitas pemilihan gubernur, presiden, dan partai politik.

Tapi hanya di Jawa Barat, elektabilitas Ridwan Kamil menjadi kedua tertinggi yaitu 20,8 persen. Meskipun yang jadi pilihan tertinggi responden di Jawa Barat adalah Prabowo dengan elektabilitas 24 persen.

Survei dilakukan 3 sampai 9 Februari 2022 melalui wawancara tatap muka secara langsung menggunakan kuisioner terstruktur.

Metodologi yang digunakan adalah metode acak bertingkat (multistage random sampling) pada tingkat kepercayaan 95 persen. Survei di Jawa Barat melibatkan 1200 responden dengan margin of error kurang lebih 2,83 persen.(*/hyt)

0 Komentar