Ridwan Kamil Sebut Jabar Idealnya Miliki 40 Kabupaten dan Kota

Ridwan Kamil Sebut Jabar Idealnya Miliki 40 Kabupaten dan Kota
0 Komentar

Cianjurekspres.net – Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, mengungkapkan, Jawa Barat dengan populasi hampir 50 juta jiwa idealnya memiliki 40 kabupaten/kota.

“Kita akan terus mengusulkan daerah-daerah yang harus kita mekarkan, idealnya dari 27 daerah itu menjadi 40 daerah,” ujarnya dalam keterangannya belum lama ini.

Menurutnya, dengan ditambah delapan usulan CDPOB, Jabar kini berpeluang memiliki 35 daerah. Ridwan Kamil mengatakan, angka tersebut sudah melampaui target RPJMD 2018-2023 di mana daerah yang diusulkan berjumlah lima.

Baca Juga:Gang BesarPemkot Bandung Siapkan 226 Isoter Antisipasi Lonjakan Covid-19

“Sekarang baru 35 daerah namun ini sudah melebihi target dari RPJMD kami yang hanya lima,” ucapnya.

Total Calon Daerah Pemekaran Otonom Baru (CDPOB) yang diusulkan Jabar sejak tahun 2020 ada delapan daerah. Yaitu, Kabupaten Bogor Barat, Kabupaten Sukabumi Utara, Kabupaten Garut Selatan, Kabupaten Bogor Timur, Kabupaten Indramayu Barat, Kabupaten Cianjur Selatan, Kabupaten Tasikmalaya Selatan, dan Kabupaten Garut Utara.

Namun begitu hingga saat ini Pemerintah Pusat masih memoratorium pemekaran daerah.

Adapun untuk CDPOB Kabupaten Cianjur Selatan, Kabupaten Tasikmalaya Selatan dan Kabupaten Garut Utara, rata-rata per wilayahnya memiliki 11 sampai 12 kecamatan dengan populasi per daerah antara 500 ribu sampai 600 ribu jiwa.

Usai tiga CDPOB tersebut diusulkan dalam rapat paripurna, DPRD Jabar langsung membentuk Panitia Khusus (Pansus) sebagai syarat tindak lanjutnya.

“Pansus sudah dibentuk, mudah-mudahan melengkapi semua syaratnya,” ujar Ridwan Kamil. (*/hyt)

0 Komentar