Parpol Berburu Caleg Hadapi Pemilu 2024

Parpol Berburu Caleg Hadapi Pemilu 2024
Ilustrasi.(Jawa Pos)
0 Komentar

Cianjurekspres.net – Sejumlah partai politik (Parpol) di Kabupaten Cianjur mulai berburu dan menyiapkan calon anggota legislatif atau caleg potensial menghadapi Pemilu Legislatif (Pileg) 2024. Targetnya bisa menambah suara partai dan kursi di parlemen.

Seperti yang dilakukan DPD Partai Amanat Nasional (PAN) Kabupaten Cianjur yang membuka recruitmen bacaleg pada 2 Februari 2022 lalu dan hingga saat ini sudah 25 orang lebih yang mendaftar dari kuota 50 orang untuk memperebutkan kursi wakil rakyat di DPRD Kabupaten Cianjur.

“Alhamdulillah respon masyarakat, kita lihat di media sosial responnya sangat positif. Ini mungkin salah satu langkah baru dari partai politik dalam rangka membuka kesempatan yang seluas-luasnya, bagi seluruh lapisan masyarakat di Kabupaten Cianjur yang mau berkiprah di partai politik,” ujar Ketua DPD PAN Cianjur, Herlan Firmansyah, Rabu (9/2).

Baca Juga:Tak Hanya Berhasil Dalam Negeri, Ini Sejumlah Prestasi Ridwan Kamil LainnyaLima Prinsip Gubernur Jabar Mampu Atasi Pandemi, Masyarakat Mengaku Puas

Herlan menyebut, total yang daftar ke PAN sudah di atas 25 orang atau sudah 50 persen lebih dari kuota 50 orang walaupun waktu masih panjang.

“Saya punya keyakinan bahwa nanti yang mendaftar bisa lebih dari kuota. Kuota kita kan 50 jumlah kursi (DPRD) Kabupaten Cianjur, partai hanya boleh nanti mencalonkan sebanyak 50 orang. Makannya kami sudah persiapkan kriteria-kriteria penilaian nanti kalau yang mendaftar ternyata melebihi kuota,” paparnya.

Sementara, Herlan menyebut, untuk dapil masih variatif. Namun ada beberapa dapil yang peminatnya lebih banyak seperti Dapil 5 dan dapil 3.

“Mungkin dari jumlah kursi mungkin salah satu, sehingga ketika kita mempunyai potensi luas suara itu sangat memungkinkan. Dapil 3 kan 11 kursi, Dapil 5 sebanyak 10 kursi, jadi sangat meyakinkan,” katanya.

Langkah serupa juga dilakukan DPD Partai Nasional Demokrat (NasDem) Kabupaten Cianjur yang mulai Rabu (9/2) mengumumkan membuka pendaftaran bacaleg 2024.

“Kalau untuk informasi publik baru hari ini (kemarin, red) kita sampaikan. Terbuka untuk masyarakat umum, tetapi memang ada proses, kalau banyak tentu pasti ada seleksi. Kuotanya 50 orang sesuai dengan kursi di DPRD Cianjur,” ujar Wakil Ketua Bidang Pemenangan Pemilu DPD Partai NasDem Cianjur, Muhammad Toha, Rabu (9/2).

0 Komentar