oleh

Kebun Raya Cibodas Rilis Koleksi Tanaman Handcrafted, Ini Harganya

Cianjurekspres.net – Kebun Raya Cibodas (KRC) merilis koleksi tanaman handcrafted (baca: buatan tangan) di awal tahun 2022. Hal ini semakin mempertegas posisi sebagai pusat eduwisata botani dengan lima fungsi utama, yakni konservasi, penelitian, pendidikan, wisata serta jasa lingkungan.

General Manager Kebun Raya Cibodas, Marga Anggrianto, mengatakan, sebelumnya pihaknya sukses menjalani fungsi konservasi dan penelitian dengan mekarnya bunga bangkai yang mencuri perhatian nasional pada akhir 2021 lalu.

“Awal tahun 2022 ini Kebun Raya Cibodas kembali menegaskan posisinya sebagai pusat eduwisata botani unggulan dengan merilis koleksi tanaman Handcrafted in Kebun Raya Cibodas, dimana ini merupakan serangkaian koleksi kerajinan tangan,” katanya, Rabu (26/1).

Baca Juga: Lintasi Jembatan Rusak, Pelajar Rela Menantang Maut Demi Sekolah, Ganjar Ramadhan: Sangat Miris Sekali

Menurutnya, koleksi label seri Handcrafted in Kebun Raya Cibodas ini sebagai identitas jaminan kualitas koleksi tanaman souvenir yang dibuat di Kebun Raya Cibodas.

Terlebih, jelas Marga, koleksi bunga unik ini bukan hanya dibuat oleh tukang tanaman, melainkan oleh gardener professional yang berpengalaman merawat keindahan Kebun Raya Cibodas seluas 85 hektare.

“Handcrafted in Kebun Raya Cibodas menjadi prioritas agar setiap hasil akhir souvenir yang sampai ke tangan konsumen merupakan kerajinan tangan botani unik yang memiliki nilai seni tinggi dan kualitas yang lebih baik dibanding tanaman sejenis di pasaran,” ujarnya.

Baca Juga: Bupati Cianjur Layangkan Surat ke Pemprov Jabar, Minta Jalan Rusak di Wilayah Selatan Diperbaiki

Perlu diketahui, bahwa pertama kali kerajinan tangan botani tersebut dirilis perdana ke publik pada 6 Januari 2021 lalu dan dijual mulai dari Rp75 ribu dan Rp125 ribu.

“Harga tersebut merupakan harga perkenalan bagi wisatawan yang datang ke Kebun Raya Cibodas. Ternyata banyak juga yang berminat,” ungkap Marga.

Marga mengatakan, seri koleksi awal Handcrafted in Kebun Raya Cibodas kini kembali membuat inovasi baru dengan untuk tahun 2022.

Baca Juga: Lagi, Pelajar Menantang Maut Demi Sekolah di Cianjur, Begini Kondisi Jembatannya

“Jadi, selain Handcrafted in Kebun Raya Cibodas, sekarang ada Kokedama Premium yang dipadu dengan bunga spatupillum yang indah dan dapat menjadi tanaman hias indoor dengan perawatan mudah, dan juga Kokedama Happy yang dibuat sedemikian unik, mirip mainan anak,” ucapnya.

Setelah melihat animo yang sangat besar, Kebun Raya Cibodas terus berinovasi sesuai dalam koridor konservasi edukasi Botani dengan akan meluncurkan seri penerus Handcrafted in Kebun Raya Cibodas yang terbukti menjadi buruan pecinta tanaman.

Baca Juga: Nakes Terbatas, Dinkes Cianjur Kewalahan Kejar 60 Persen Vaksinasi Covid-19 Dosis Kedua untuk Umum

“Kebun Raya Cibodas berkomitmen penuh dengan lima fungsi asli Kebun Raya yang lebih dari sekedar tempat wisata, dan dalam hal ini menyelenggarakan fungsi pendidikan dengan menghadirkan kelas edukasi berkebun kepada pengunjung. Bahkan kami juga dapat menghadirkan peneliti BRIN (Badan Riset Inovasi Nasional) untuk topik-topik edukasi botani yang bersifat sains dan akademik,” tandas Marga.(yis/hyt)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.