oleh

Produk UMKM Cianjur Tembus Pasar Mancanegara

Cianjureksprs.net – Produk hasil Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dari Cianjur ternyata sudah menembus pasar mancanegara.

Kabid Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (KUMKM) Diskoperdagin Kabupaten Cianjur, Epra Haryanto, mengatakan, beberapa produk UMKM yang pemasarannya sudah tembus ke luar negeri diantaranya bunga potong, dan kopi luwak.

Baca Juga: Penyaluran Pupuk Subsidi Dihentikan Sementara Lantaran Salah Input e-RDKK

“Untuk produk yang pemasarannya sudah tembus ke luar negeri ada kopi luwak yang dari Cipanas, sama bunga potong, pemasarannya tembus ke mancanegara,” kata dia kepada Cianjur Ekspres, saat ditemui di ruangan kerjanya, Senin (3/1).

Epra melanjutkan, khusus kopi luwak pemasarannya sudah mencapai Singapura, India, Thailand, Hongkong dan paling banyak timur tengah.

Baca Juga: Volume Sampah di TPA Pasir Sembung Naik Pasca Nataru

“Kemarin kan masih ada yang baru, tapi kalau secara resmi kita ada yang atas nama sendiri masih sedikit, nah kemarin seperti lampu gentur sudah ada yang jual ke luar negeri juga,” ungkapnya.

Sedangkan untuk gula semut, jelas Epra, masih dalam bentuk branding dan memasok ke luar negeri.

Baca Juga: Longsor Terjang Cianjur Ratusan Kali Sepanjang 2021

“Setelah di sana, brandnya kadang-kadang beda. Itu kemarin ada yang laporan ke saya seperti itu. Nah yang sekarang lagi booming ada kacang sacaici, itu juga mahal, tapi masih berproses dan masih di bina dinas untuk melakukan ekspor,” tandasnya.(dik/hyt)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.