oleh

Gus Yahya Terpilih Jadi Ketua Umum PBNU

Cianjurekspres.net – KH Yahya Cholil Staquf (Gus Yahya) terpilih sebagai Ketua Umum PBNU 2021-2026 setelah meraih 327 suara dalam pemilihan di Gedung Serba Guna Universitas Lampung (Unila) pada Muktamar NU ke-34, Jumat (24/12/2021).

Sedangkan Prof KH Said Aqil Siraj meraih 210 suara. Kemenangan Gus Yahya itu pun mendapat sambutan salawat dari para peserta muktamar. Proses pemilihan ketua umum PBNU berlangsung sejak Jumat dini hari.

Sebelumnya, dalam proses penjaringan sebagai bakal calon, sempat muncul sejumlah nama. Yakni, Gus Yahya mendapatkan 327 suara dan KH Said Aqil Siraj (203 suara). Beberapa nama lain ada KH As’ad Al (17 suara), KH Marzuki Mustamar (2 suara), Ramadhan Buayo (1 suara), tidak sah 2 suara.

Baca Juga: PCNU Cianjur Bulat Dukung Gus Yahya

Sesuai tata tertib (tatib) dalam muktamar, untuk dapat menjadi calon ketua tanfidziyah harus mengantongi minimal 99 suara. Karena itu, yang berhak maju menjadi calon pada tahapan pemilihan hanya Gus Yahya dan KH Said Aqil Siraj.

Sejak awal perhitungan, suara dukungan pada Gus Yahya memang mendominasi. Melihat hasil suara pada tahapan penentuan bakal calon, sejumlah pihak pun sudah memprediksi keponakan KH Mustofa Bisri (Gus Mus) itu akan terpilih.

Baca Juga: Jembatan di Cidaun Ambruk, Aktivitas Warga Lumpuh Total

Sebelumnya, Prof Said Aqil kepada wartawan menyatakan sejak awal pihaknya akan legawa apapun hasil piilihan muktamirin.

“Dalam pemilihan itu pasti ada yang menang dan yang kalah. Dua hal yang sangat wajar. Siapa pun, apa pun hasilnya, harus kita terima dengan legowo, ikhlas, dan ridha dalam hati kita masing-masing.” ungkapnya.(jawapos/hyt)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.