DAS Citarum Dibersihkan, Antisipasi Banjir

Antisipasi Banjir, DAS Citarum Dibersihkan
Sejumlah anggota TNI bersama warga tengah membersihkan sungai dari tumpukan sampah di aliran DAS Citarum Kampung Cidamar, Kecamatan Mande, Senin (20/12).(Ayi Sopiandi/cianjurekspres.net)
0 Komentar

Cianjurekspres.net – Sejumlah anggota TNI yang tergabung dari para Babinsa Koramil Kecamatan Cikalongkulon dan Koramil Mande mengadakan kegiatan bersih- bersih daerah aliran sungai (DAS) Citarum di Kampung Cidamar, Kecamatan Mande, Senin (20/12).

Komandan Sektor 12 Citarum Kolonel CZI Suyatrinu Wardedi melalui Dansubsektor 4 Mande, Serka Supendi mengatakan, kegiatan bersih-bersih di hulu DAS Citarum merupakan kegiatan yang harus dilakukan secara rutin.

“Pasca terjadi hujan yang cukup lebat pada malam hari, kami dari anggota TNI gabungan terdiri dari Koramil Cikalongkulon dan Mande dibantu warga sekitar melaksanakan kegiatan karya bakti atau bersih-bersih sampah yang berserakan di DAS,” kata Supendi, Senin (20/12).

Baca Juga:RMA dan JoMan Sepakati Kampanye Positif Menuju 2024Raperda RPIK Cianjur Ditunda

Supendi mengatakan, bersih-bersih dilakukan sebagai bentuk pemeliharaan daerah aliran sungai terlebih berada di hulu sungai langsung.

“Untuk menciptakan Citarum harum tentunya harus secara bersama-sama melakukan kegiatan bersih-bersih di hulu sungai tersebut,” katanya.

Selain itu lanjut Supendi, jika dibiarkan sampahnya menumpuk maka bukan tidak mungkin akan mengakibatkan terjadinya bencana banjir sehingga akan berdampak pada lingkungan.

“Jika dibiarkan, bukan tidak mungkin akan terjadi bencana banjir atau longsor sehingga akan berdampak buruk pada lingkungan,” ujarnya.

Warga sekitar Ipey (45) mengatakan, kegiatan yang dilakukan oleh para anggota TNI tersebut yakni bersih-bersih daerah aliran sungai (DAS Citarum,red) memang sangat diperlukan.

“Tentunya saya sebagai warga sangat berterimakasih ketika ada kegiatan dari para anggota TNI (Babinsa) menggelar kegiatan bersih-bersih di hulu sungai,” jelasnya.

Ipey berharap, tak hanya bisa dilakukan oleh TNI saja, melainkan dari semua unsur elemen harus sama-sama bergerak untuk mengusung program Citarum harum.(yis/bis)

0 Komentar