oleh

Masih Rendah, Capaian Vaksinasi Covid-19 Lansia di Cianjur Baru 57 Persen

Cianjurekspres.net – Vaksinasi Covid-19 bagi Lanjut Usia (Lansia) di Kabupaten Cianjur ternyata masih rendah. Berdasarkan catatan Dinas Kesehatan, persentase saat ini baru mencapai 57 persen dari target sasaran 180 ribu orang.

Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Cianjur, Yusman Faisal mengungkapkan, masih rendahnya capaian vaksinasi bagi lansia tersebut dikarenakan banyak yang tidak hadir ketika digelar vaksinasi massal. Namun, pihaknya terus berupaya mengejar agar target 70 persen bisa tercapai beberapa bulan ke depan.

“Sedangkan untuk target vaksinasi umum, kita upayakan diakhir tahun sudah dapat tercapai 70 persen dari total 1,9 juta penerima. Berbagai upaya dilakukan termasuk berkordinasi dengan Forkopimda yang mengggelar vaksinasi hingga ke pelosok,” ujarnya, Senin (6/12).

Yusman mengatakan, pihaknya akan terus mengoptimalkan pemberian vaksinasi guna meningkatkan herd immunity bagi warga di Cianjur hingga 100 persen diawal tahun. Dengan catatan ditunjang stok vaksinasi yang memadai.

Terlebih menurutnya, antusias warga untuk mendapatkan vaksinasi terus meningkat khususnya di wilayah Cianjur Selatan yang sedang digencarkan secara massal. Namun kata Yusman, sejumlah lansia malas untuk datang karena jarak yang jauh.

“Kita terus berupaya mendekatkan lokasi vaksinasi, sehingga dalam satu pekan ke depan, target 10 persen ke angka 70 persen dapat tercapai. Bahkan vaksinasi malam, menjadi pilihan banyak warga yang tidak memiliki waktu untuk datang ke puskesmas atau layanan kesehatan lainnya,” jelasnya.

Meski persentase terus meningkat sambung Yusman, pihaknya terus mengimbau warga untuk tetap menerapkan protokol kesehatan ketat saat beraktivitas diluar rumah karena Covid-19 masih ada.

“Hindari kerumunan dan tetap mematuhi prokes, sebagai upaya antisipasi kembali meningkatnya kasus Covid-19,” katanya.(mg1/hyt)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.