Bonsai Seharga Ratusan Juta Dipamerkan di Cipanas

Bonsai Seharga Ratusan Juta Dipamerkan di Cipanas
Ketua PPBI Cabang Cianjur, Emus Sopian bersama Wakil Bupati Cianjur Tb Mulyana Syahrudin.(Ayi Sopiandi)
0 Komentar

Cianjurekspres.net – Ratusan jenis bonsai dari berbagai wilayah di Cianjur dipamerkan di Sangga Buana Jalan Raya Cipanas, Selasa (30/11). Harganya pun bervariasi dari puluhan hingga ratusan juta rupiah.

Ketua Persatuan Penggemar Bonsai Indonesia (PPBI) Cabang Cianjur, Emus Sopian mengatakan, terdapat kurang lebih 600 jenis bonsai yang dipamerkan. Dirinya mengungkapkan, jenisnya pun beragam.

Dari mulai kategori the best in show yakni Cemara Sinensis Rp300 juta, Anting putri Rp300 juta. Lalu best stand jenis Pusu Batu Rp150 juta, Kaliage/Sisir Rp150 juta, Waru Rp150 juta dan Sianto Cina yang harganya mencapai Rp150-200 juta.

Baca Juga:Tunggu Aksi Mario Aji di GP Moto3 2022Waspadai Varian Omicron, Satgas Covid-19 Cianjur Minta Akses Keluar Masuk Negara Ditutup

“Sebenarnya, kalau untuk harga tidak mesti terpaku diharga yang ditentukan namun bisa menyesuaikan,” katanya.

Selain itu lanjut Emus, ada juga harga bonsai di posisi menengah kisaran Rp10 juta hingga Rp50 juta. Mulai dari jenis bonsai Kupa Landak, Sianci, Jeruk Swiss, Caringin dan Cereme/Sianto.

“Ada juga jenis bonsai Asal Rimbun (Asrim) yang memang masuk kategori komersil, cinderamata yang nantinya dijadikan sebagai koleksi,” ujarnya.

Emus mengatakan, dengan diadakannya pameran bagi para penggemar bonsai tentunya disambut baik oleh masyarakat dan juga Pemerintah Kabupaten Cianjur.

“Alhamdulillah, selain banyak masyarakat yang datang untuk melihat dan membeli bonsai juga di hari pembukaan juga turut dihadiri oleh Wakil Bupati Cianjur Tb Mulyana,” paparnya.

Menurutnya, di tahun-tahun sebelumnya Pemkab Cianjur tidak perhatian ke para pehobi atau penggemar bonsai Cianjur.

“Saat ini alhamdulillah sudah terbentuk 36 paguyuban penggemar bonsai Cianjur, sehingga ini akan terus kami kembangkan agar terciptanya silaturahmi antar sesama penggemar bonsai di Cianjur,” terangnya.

Baca Juga:BPBD Cianjur Imbau Warga Waspada Masuki Puncak Musim HujanAlun-alun Cirimekar Diresmikan Ridwan Kamil

Emus berharap, pemerintah daerah bisa memfasilitasi lahan milik Pemprov yang berlokasi di Beunying Kecamatan Sukaresmi untuk dijadikan lahan produktif salah satunya bagi para penggemar bonsai di Cianjur.(yis/hyt)

0 Komentar