Terlalu, Banyak Sampah Dibuang Sembarangan di Cipanas

Terlalu, Banyak Sampah Dibuang Sembarangan di Cipanas
SAMPAH: Banyaknya sampah yang dibuang sembarangan tempat di Cipanas menjadi keprihatinan penggiat lingkungan. (FOTO: Ayi Sopiandi)
0 Komentar

AKTIVIS Lingkungan asal Cipanas, Dede Ikhsan menyesalkan masih banyaknya warga yang minim kesadaran dalam membuang sampah di sembarang tempat.

Terbukti masih maraknya tumpukan-tumpukan sampah yang berceceran di jalur protokol Cipanas. Bahkan tak sedikit yang sengaja membuang ke tebing Lembah Sadulur, (Cisarua), Desa Sindanglaya, Kecamatan Cipanas.

“Jujur, saya sebagai pemerhati lingkungan khususnya di Cipanas masih banyak masyarakat yang minim kesadarannya dalam membuang sampah,” kata Dede, Kamis (11/11).

Baca Juga:Air Waduk Cirata Naik, Wisatawan Diimbau Berhati-hatiPergerakan Tanah Hantam Campaka, Satu Rumah Ambruk, Lima Rusak Berat dan Belasan Lainnya Terancam

Dede mengatakan, hal tersebut tentunya menjadi tugas bagi para pemangku kebijakan mulai dari tingkat pemerintahan desa hingga daerah.

“Kalau penanganan sampah yang saat ini di Cipanas juga Pacet dilakukan dengan serius, sepertinya tidak akan begitu kelihatan hasilnya jika masyarakatnya masih ada yang tidak peduli akan lingkungan,” kata Dede.

Dia mengatakan, jika sosialisasi dilakukan hanya sebatas formalitas dengan tidak menyiapkan sarana dan prasarana bagi masyarakat. Seperti tong sampah, sehingga tidak lagi ada kejadian warga buang sampah di sembarang tempat.

“Mungkin saja warga kebingungan dengan tidak adanya fasilitas tempat buang sampah, sehingga sambil lewat bawa sampah lalu dibuangnya sembarang tempat,” jelasnya.

Menurutnya, tak sedikit tumpukan sampah saat ini berceceran di bantaran sungai atau daerah aliran sungai (DAS).

“Dampaknya sangat jelas, selain mencemari lingkungan, sampah-sampah plastik khususnya akan sangat lama untuk menjadi hancur,” ujarnya.

Dede mengatakan, untuk menuntaskan permasalahan sampah tentunya tidak bisa mengandalkan petugas. Melainkan harus ada kemauan dari masing-masing individu, karena setiap orang yang bernyawa tentunya akan menghasilkan sampah.

Baca Juga:Pasar Modal Dukung Vaksinasi Covid-19 untuk 3.000 SantriBantu Pulihkan Perekonomian Indonesia, Isuzu Luncurkan 3 Model di GIIAS 2021

“Setiap orang hidup, pastinya akan menghasilkan sampah, baik itu bekas kemasan makanan, rokok, dan atau sampah-sampah rumahan, industri dan lain sebagainya,” tandasnya.(yis/sri)

0 Komentar