Ribuan Pencari Kerja Serbu Kantor Pos dan Disnakertrans

Ribuan Pencari Kerja Serbu Kantor Pos dan Disnakertrans
ANTRE: Para pencari kerja nampak antre di ruang tunggu kantor Pos untuk menyampaikan lamaran kerja (FOTO: Cianjur Ekspres)
0 Komentar

RIBUAN orang memenuhi Kantor Pos dan Kantor Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Cianjur, untuk melamar pekerjaan ke PT Pou Yuen Indonesia (PYI). Namun mereka ditekankan agar mematuhi Prokes supaya tidak terjadi kerumunan dan menimbulkan cluster baru penyebaran Covid-19.

Kepala Kantor Pos Cianjur, Andri Maulana, mengatakan, jumlah sementara tercatat ada sebanyak 32 ribu pelamar yang akan mengirimkan berkas lamaran kerja melalui Kantor Pos.

“Informasi dari Dinas terkait yang sudah melamar secara online sebanyak 32 ribu peserta. Jumlah itu tentunya semua akan mengirimkan berkasnya melalui kita,” ujarnya, Selasa (9/11).

Baca Juga:Puluhan Warga Nagrak Terserang ChikungunyaWarga Cicalengka Ditemukan Meninggal Dalam Mobil di Naringgul

Andri mengungkapkan, untuk pendaftaran sendiri dibuka selama tiga hari mulai dari tanggal 9 hingga 11 mendatang.

“Pendaftaran ini dibuka selama 3 hari. Karena serentak jadi kita mulai membuka pelayanan dari pukul 5.00 Wib hari sampai pukul 22.00 Wib, dengan total 10 loket yang dikhusus untuk penerimaan lamaran,” kata dia.

Selain Kantor Pos Cabang Cianjur sambung Andri, 23 Kantor Pos Cabang Pembantu yang tersebar di seluruh wilayah Cianjur juga melayani penerimaan berkas lamaran kerja.

“Kita ada 23 Kantor lainnya juga melayani. Ada tim juga yang bagaian menghitung berkas. Karena ini kan serentak, jadi harus secepatnya diserahkan,” ucap dia.

Andri menejelaskan, terkait penerapan Prokes pihaknya sudah bekerjasama dengan Polsek dan Koramil setempat untuk melakukan simulasi serta rekayasa antrean supaya tidak terjadi kerumunan.

“Kita atur rekayasa supaya tidak ada penumpukan. Untuk pencari kerja disarankan bisa datang langsung ke Kantor  Pos Cabang Cianjur. Untuk mengurai kepadatan mengingat ada beberapa Kantor Pos Cabang Pembantu banyak yang ada disepanjang jalan protokol,” ungkapnya.

Penumpukan pelamar kerja juga terjadi di Kantor Dinas Tenagakerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Cianjur.

Baca Juga:Pemkab Cianjur Dinilai Kurang Peduli SejarahPemkab Cianjur Tetapkan Status Siaga Darurat Bencana Hidrometeorologi

Kepala Bidang Penempatan Kerja dan Pengembangan Perluasan Kesempatan Kerja, Yani Yuliawati, mengatakan, dengan dibukanya lowongan pekerjaan di PT Pou Yuen memang terjadi lonjakan yang signifikan.

“Hari-hari biasa pemohon atau pembuatan AK-1 mencapai 50 sampai 100 orang per hari. Untuk saat ini bisa mencapai 200 sampai 300 orang per hari. Total dalam sepekan ada sebanyak 1.631 AK-1 yang sudah dikeluarkan” katanya.

0 Komentar