Harga Tes PCR Masih Mahal

Harga Tes PCR Masih Mahal
Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Dinkes Cianjur, Yusman Faisal.
0 Komentar

JURU Bicara Satgas Percepatan dan Penanganan Covid-19 Kabupaten Cianjur, dr Yusman Faisal, mengungkapkan, harga Tes Polymerase Chain Reaction (PCR) di Kabupaten Cianjur masih tergolong mahal dan bertahan di angka Rp450 ribu.

Hanya saja, menurut Yusman, bagi masyarakat yang terindikasi Covid-19 diberikan tes PCR secara gratis. “Kalau harga umum, PCR di Cianjur saat ini masih normal yakni kisaran Rp450 ribu,” kata Yusman, Minggu (31/10).

Yusman mengatakan, harga tersebut berlaku bagi kalangan masyarakat yang akan melakukan perjalanan atau bisnis. “Bagi yang terkonfirmasi Covid-19, tentunya diberikan secara gratis, beda halnya jika ke masyarakat yang akan melakukan perjalanan,” ujarnya.

Baca Juga:Ratusan Pesilat Turut Ambil Bagian di Kejuaraan Ingpayagung ke- VIHadirkan Moka, Dorong Minat Warga Untuk Divaksin

Diakui Yusman, bahwa hingga saat ini khusus Cianjur belum memberlakukan harga atau tarif baru. “Hingga saat ini belum ada surat secara tertulis dari pusat. Tapi, kalau rapat teknis kita sudah ada,” jelasnya.

Sementara itu Bupati Cianjur, Herman Suherman menjelaskan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cianjur akan menggratiskan tes PCR untuk kepentingan sosial. “Tapi, kalau untuk kepentingan bisnis, itu dikenakan harga yang standar,” singkatnya.

Seperti diketahui, bahwa untuk harga Tes Polymerase Chain Reaction (PCR) di luar Jawa dan Bali sebesar Rp275.000 dan Rp300.000 untuk daerah di luar dua pulau itu. Ketentuan ini berlaku mulai Rabu (27/10).(yis/sri)

 

0 Komentar