oleh

Panen Padi Varietas Mantap Tembus 9 Ton per Hektar, Budhy Setiawan: Harus Dipromosikan ke Seluruh Petani

Cianjurekspres.net – Panen padi Varietas Mantap di demplot varietas unggul bersertifikat di Desa Sukamulya, Kecamatan Warungkondang, Kabupaten Cianjur ternyata tembus 9 ton per hektar.

Perlu diketahui, padi bibit unggul bersertifikat tersebut merupakan bantuan aspirasi dari Anggota Komisi IV DPR RI Budhy Setiawan. Dimana tiga bulan sebelumnya sudah disebarkan dan diterima oleh para kelompok tani di Kecamatan Warungkondang. Diantaranya berupa bibit padi varietas Mantap, Inpari 45, Inpari 42 Agritan GSR, Inpari 43 Agritan GSR, Jeliteng, Tarabas, Baroma, Arumba, Pamera, Pamelen, dan Inpari IR Nutrizinc.

“Terjun langsung ke persawahan melakukan panen ini sangat terlihat jelas padi Varietas Unggul Baru ini yang di hasilkan sangat banyak sekali sesuai perkiraan hasil yang diinginkan dan kualitas padi sangat baik sekali,” kata Budhy Setiawan usai melakukan panen padi, Rabu (6/10).

“Saya menghimbau kepada seluruh Balai Penyuluhan Pertanian yang ada di Kecamatan Warungkondang umumnya keseluruh Balai Penyuluh Pertanian di Kabupaten Cianjur untuk terus mengawal dan mempromosikan Demplot Varietas Unggul Bersertifikat dengan tujuan untuk mengenalkan kepada para petani di kecamatan masing-masing untuk menanam atau mengembangkan Varietas Padi Unggul Bersertifikat dan telah dilakukan kaji tindak di wilayah kabupaten Cianjur,” sambung Budhy.

Baca Juga: Budhy Setiawan Dorong Cianjur Jadi Sentra Benih Kentang

Menurut Budhy Setiawan, hal ini memang pekerjaan yang tidak mudah, tapi bila dikerjakan dengan bersinergi antara petani dan pemangku kebijakan, ternyata tidak sampai setahun berkat team work yang mengerjakan.

“Karena ditengah persoalan semakin berkurangnya lahan pertanian dari tahun ke tahun sebagai konsekwensi dari semakin betambahnya jumlah penduduk, maka upaya penggunaan teknologi menjadi salah satu alternatif solusi peningkatan produktifitas hasil panen pertanian dan tujuan kedepannya sangat jelas untuk memenuhi swasembada beras di Kabupaten Cianjur,” katanya.

Budhy Setiawan menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk memasyarakatkan penggunaan benih bermutu bersertifikat atau berlabel dari varietas unggul baru, dalam setiap usaha pertanian dan memperluas penyebaran varietas unggul baru yang mempunyai potensi serta meningkatkan penyerapan penggunaan benih bermutu, sesuai daerah lokasi setempat.

“Sekarang kita harus berpikir out of the box jangan yang biasa-biasa saja jadi harus bisa membuat ciptaan-ciptaan baru untuk kebaikan kita semua, terlebih lagi ada anak anak muda yang semangat meneruskan tongkat estafet dalam bidang pertanian untuk ketahanan pangan di wilayah tersebut,” tegasnya.

Sementara itu Asisten Daerah Perekonomian dan Pembangunan Kabupaten Cianjur, Budhi Rahayu Toyib,mengapresiasi kegiatan Demplot Varietas Unggul Bersertifikat yang di laksanakan oleh kelompok tani di wilayah Desa Sukamulya Kecamatan Warungkondang.

Baca Juga: Budhy Setiawan Dorong Cianjur Jadi Sentra Budidaya Jagung Hibrida

“Saya berterimakasih. mendukung penuh serta mengapresiasi kegiatan Demplot Varietas Unggul Bersertifikat ini, mudah-mudahan kedepannya di laksanakan secara terus-menerus dan tersebar di seluruh wilayah Kabupaten Cianjur. Dengan adanya kegiatan ini para petani yang ada di Kecamatan Warungkondang dapat mengetahui berbagai Varietas Padi dengan produksi tinggi, sehingga produksi padi sawah di Kabupaten Cianjur dapat mencapai swasembada beras,” katanya.

Ketua Kelompok Tani Sukatani, Komar mengatakan, dengan adanya kegiatan demplot varietas unggul bersertifikat di lokasinya, petani disekitar bisa melihat secara langsung jenis padi yang cocok untuk dikembangkan.

“Kegiatan ini sangat bermanfaat sebagai informasi, inovasi dan teknologi pertanian, terutama kami selaku petani bisa memilih varietas mana sesuai dengan jenis lahan, Selama ini petani menanam jenis padi tidak sesuai dengan varietas dan lokasi setempat, dengan harapan salah satu sarana produksi yang sangat penting dalam upaya meningkatkan produksi pertanian dan kami sangat berterimakasih atas program bantuan aspirasi dari Pak Budhy Setiawan yang memberikan bantuan ini dan memperkenalkan varietas padi ini kepada kami selaku para petani,” tandas Komar.

Kegiatan ini di laksanakan atas kerjasama antara Komisi IV DPR RI, Balitbang Pertanian-Kementan RI dan Pemerintah Daerah Kabupaten Cianjur. Dalam panen padi demplot varietas unggul bersertifikat hadir juga kelompok tani, PPL di wilayah Kecamatan Warungkondang, Kepala Desa Sukamulya serta Camat Warungkondang.(hyt)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *