Tiga Pilar Budaya Cianjur Kembali Digaungkan untuk Mengedukasi Generasi Muda

Tiga Pilar Budaya Cianjur Kembali Digaungkan untuk Mengedukasi Generasi Muda
Bupati Cianjur, Herman Suherman
0 Komentar

Cianjurekspres.net – Komite Tiga Pilar secara masih menyosialisasikan tiga pilar budaya di 32 kecamatan di Kabupaten Cianjur. Hal itu dilakukan untuk kembali menggaungkan pilar budaya, terutama bagi generasi muda.

Ketua Komite Tiga Pilar Budaya Kabupaten Cianjur, Raden Sulaeman, mengatakan setelah pembentukan Komite Tiga Pilar, pihaknya langsung melakukan sosialisasi pilar budaya Cianjur yakni Ngaos Mamaos dan Maenpo.

Menurutnya dari 32 kecamatan, sudah sebagian besar disambangi. Bahkan hanya tinggal beberapa kecamatan yang rencananya akan dikunjungi untuk melakukan sosialisasi serupa dalam waktu dekat.

Baca Juga:Mantan Penyidik KPK Didakwa Terima Rp 11 Miliar dan USD 36 RibuDokumen Amerika Danai Penelitian Covid-19 di Wuhan Beredar, Senator Paul Tuding Fauci di Twitter

“Kita secara masif kembali menyosialisasikan tiga pilar budaya, agar kembali menggaung di Cianjur,” kata dia, Senin (13/9/2021).

Menurutnya tiga pilar budaya harus terus dikenalkan, terlebih kepada generasi muda agar tidak pudar seiring berkembangnya zaman.

“Pilar budaya, mulai dari ngaos mamaos dan Maenpo ini merupakan jadi diri kita, masyarakat Kabupaten Cianjur. Perlu untuk dikenalkan lagi, supaya semua mengenal bahkan diharapkan bisa melestarikan, terutama generasi muda sebagai penerus kita ke depan,” ucapnya.

Sulaeman mengaku pihaknya saat ini masih bergerak secara mandiri atau belum mendapat sokongan dana dari pemerintah daerah. Meski begitu, pihaknya tidak akan menyerah untuk mengenalkan dan melestarikan pilar budaya Cianjur.

“Ini menjadi tanggung jawab kami, dan mungkin secara umum menjadi tanggungjawab semua pihak. Kita saat ini masih bergerak secara mandiri, tapi ke depannya diharapkan pemerintah juga dapat mendukung dengan penyertaan pendaan agar upayanya lebih maksimal,” tuturnya.

Bupati Cianjur Herman Suherman, mengaku pihaknya mengapresiasi langkah Komite Tiga Pilar Budaya Cianjur yang sudah bergerak cepat melakukan sosialisasi ke setiap kecamatan.

“Saya berterimakasih komite sudah bergerak secara maksimal. Ke depannya juga akan lebih kita gebyar kan tiga pilar ini, bahkan sampai masuk kurikulum muatan lokal,” tuturnya.

Baca Juga:Ribuan Orang Terdeteksi Positif Covid Saat Masuk Mall, APPBI: Lakukan IsolasiObjek Wisata Kembali Buka, Pengunjung Masih Sepi

Herman memastikan Pemkab juga akan mendukung komite dengan memberikan pendanaan. “Kita akan dukung dengan pendaanaan dari APBD, pastinya pemkab akan mendukung pelestarian tiga pilar budaya ini,” ucapnya.

Di sisi lain, Ketua DPRD Kabupaten Cianjur Ganjar Ramadhan, mendukung pelestarian pilar budaya Cianjur yang dilakukan komite tiga pilar budaya. Tetapi dia juga mendorong Pemkab bisa segera memberikan suntikan dana agar peletarian pilar budaya Cianjur bisa lebih maksimal.

0 Komentar