Pemprov Jabar akan Biayai Anak Yatim Piatu akibat Covid-19

Pemprov Jabar akan Biayai Anak Yatim Piatu akibat Covid-19
Gubernur Jawa barat Ridwan Kamil meluncurkan Curated Amazing Product of Jabar: Creative Media Award 2021 di Gedung Pakuan, Kota Bandung (28/8/2021). (Foto: Rizal FS/Biro Adpim Jabar)
0 Komentar

Cianjurekspres.net – Pemerintah Provinsi Jawa Barat bersama pemkab/pemkot akan mendampingi dan membantu biaya pendidikan anak-anak Jabar yang berstatus yatim piatu yang orang tuanya meninggal karena Covid-19.

Hal tersebut dikemukakan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil kepada media secara virtual usai Rapat Komite Kebijakan Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Daerah (KPCPED) Jawa Barat, Jumat (03/09).

“Semua yang menjadi yatim piatu karena orang tuanya meninggal Covid-19, tentu nomor satu pendidikannya akan kita urus semuanya minimal sampai SMA atau SMK,” ucapnya.

Baca Juga:Macan Cianjur Siap Terkam Para Pelaku KejahatanDump Truk Tabrak Tembok Vila, Sopir Tewas di Tempat

Menurut Gubernur, pada dasarnya sekolah di Jawa Barat sudah gratis biaya operasional dan SPP mulai dari tingkat SD, SMP yang jadi kewenangan kab/kota hingga SMA yang dibidani provinsi.

“Tentu ada keseharian di luar biaya gratis SPP-nya atau Biaya Satuan Pendidikan (yang tidak gratis). Itu akan kita rumuskan,” katanya.

Gubernur melihat banyak masyarakat berkemampuan atau perusahaan ingin berpartisipasi menyantuni masyarakat lain yang membutuhkan bantuan. Pemda Provinsi Jawa Barat terbuka untuk bantuan yang mekanismenya akan dirumuskan.

“Jadi di luar pemerintah menjamin pendidikannya, sosialnya juga banyak yang ingin membantu, itu kami sedang rumuskan,” tutup Ridwan Kamil.

Dinas Sosial Provinsi Jabar sementara mencatat ada 5.642 anak jadi yatim piatu karena orang tuanya meninggal Covid-19. Datanya masih terus diperbarui dan disinkronkan dengan kabupaten/kota. Verifikasi data dilakukan untuk menjamin tidak ada anak yang terlewat.(rls/hyt)

0 Komentar