oleh

Netflix da BBC Akan Libatkan Disabilitas Dalam Produksi Drama

Cianjurekspres.net – Kerjasama antara Netflix dan BBC dalam menyediakan ruang pekerja industri kreatif film untuk penyandang disabilitas akan dijalankan selama lima tahun.

Sebagai salah satu penyiaran publik, BBC, pihaknya menyambut baik usulan Netflix untuk bisa berkarya dan berkreasi baik di depan maupun di belakang layar.

Kerja sama itu dikabarkan akan menghasilkan berbagai drama yang melibatkan talenta yang menyandang disabilitas.

“Kami mencari ide yang berambisi dan mendobrak, menantang batas industri yang secara tidak sadar berlangsung pada penyandang disabilitas. Intensi kerja sama ini menghasilkan pertunjukan di samping drama atau pun film yang sudah dikembangkan sebelumnya,” kata Netflix dan BBC menjelaskan kerjasama mereka seperti dikutip dari Variety, Kamis (26/8/2021).

Pertunjukan yang nantinya dihasilkan akan melibatkan penulis yang merupakan penyandang disabilitas seperti tunarungu atau tunadaksa.

Kedua perusahaan itu nantinya akan membuat webinar yang melibatkan produser termasuk pekerja kreatif lainnya untuk melihat gambaran besar proses pembuatan gilmnya.

Nantinya akan ada ajang khusus untuk pengajuan naskah yang ditelah dibuat oleh para pekerja industri film yang menyandang disabilitas.

Kabar ini hadir setelah penulis naskah “Enola Holmes” yaitu Jack Thorne memberikan pernyataan yang menggugah di Edinburgh TV Festival tentang kondisi industri televisi yang memandang sebelah mata para pekerja kreatif yang menyandang disabilitas.

“Gender, ras, seksualitas, semua telah masuk diskusi dan terlibat. Tapi saat penyandang disabilitas, mereka hanya disisihkan,” katanya.

Banyak produser film yang secara tidak sadar menolak naskah yang ditulis oleh penulis dengan disabilitas, atau banyak pemain di industri film yang tidak memberikan ruang bagi para aktor penyandang disabilitas untuk bisa tampil layaknya orang normal.

BACA JUGA: Ridwan Kamil Dukung Pembentukan Komisi Nasional Disabilitas

Vice President Series Netflix Inggris, Anne Mensah menyebutkan, adanya kerjasama strategis dengan BBC diharapkan ada perubahan paradigma terkait pelaku kreatif yang merupakan penyandanh disabilitas dalam industri film dan TV.

“Kami harap ini memberikan kisah yang lebih besar dan berani dan memberikan ruang bagi mereka di Inggris maupun global,” katanya.(ant/nik)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.