Hampir Tak Laku, Harga Sayuran di Petani Terus Turun

Pascagempa Bumi, Pasar Cipanas Cianjur Masih Sepi Pengunjung
Ilustrasi Tampak depan Pasar Cipanas di Kecamatan Cipanas Kabupaten Cianjur.(dok/cianjur ekspres)
0 Komentar

Cianjurekspres.net – Harga sayuran di tingkat petani kian hari terus menurun, bahkan cenderung hampir tak laku dijual di pasaran, seperti jenis poling, sawi, dan pakcoy.

Harga pakcoy, saat ini di petani di Desa Sukatani, Kecamatan Pacet kisaran Rp300/kilogram. Sedangkan di tengkulak dihargai Rp1.000/kilogram.

Petani asal Kampung Gunungputri, Badru (40) mengatakan, sektor pertanian saat ini dinilainya tidak punya harga sama sekali terkecuali bagi mereka yang masih mengandalkan penjualannya ke super market yang sudah dikontrak harga.

Baca Juga:Pendukung PSG Tak Sabar Menanti Lionel MessiPPKM Jawa-Bali Diperpanjang Hingga 16 Agustus 2021

“Kalau seperti kami ini petani yang hanya mengandalkan harga di pasaran tentunya akan kalang kabut pada saat harga anjlok seperti sekarang ini,” kata Badru, Senin (9/8) dilansir dari Harian Umum Cianjur Ekspres.

Badru mengatakan, untuk harga poling saat ini Rp1.000/kilogram. Padahal sebelumnya mencapai Rp50 ribu/kilogram, wangsih kini hanya Rp1.200/kilogram sebelumnya mencapai Rp45 ribu hingga Rp 70 ribu/kilogram dan saat ini untuk jenis lobak dihargai Rp700/kilogram.

“Bisa dibayangkan bagi mereka petani yang bercocok tanam jauh dari jangkauan kendaraan sehingga dengan harga yang segitu murahnya lebih memilih tidak memanennya. Kalau dengan harga kisaran Rp300 untuk pakcoy, jika posisinya jauh dari jangkauan harus menggunakan ojeg sebesar Rp500/kilogram. Sedangkan harga jualnya saja cuma Rp300 habislah bahkan minus,” katanya.

Ia mengatakan, harga yang masih bertahan saat ini hanya ada dua jenis sayuran diantaranya bawang daun Rp7 ribu sampai dengan Rp10 ribu/kilogram, dan Brokoli Rp5 ribu/kilogram.

“Sebelumnya bawang pun sempat anjlok kisaran Rp1.500/kilogram, sekarang alhamdulillah bagi yang punya kebun bawang bersyukur harganya normal,” paparnya.

Sementara itu harga kebutuhan pokok seperti sayuran saat ini di Pasar Cipanas cenderung normal. Hal tersebut dikatakan Kasubag TU Pasar Cipanas Iman.

“Untuk sementara harga sayuran di Pasar Cipanas cenderung normal, mungkin ada beberapa yang mengalami kenaikan seperti tomat,” katanya.

Baca Juga:Robert Alberts Pastikan Sebagian Besar Pemainnya Sudah Kembali ke BandungKredit Pertanian BRI Tembus Rp117,54 Triliun, Jangkau Lebih dari 40 Ribu Nasabah

Iman mengatakan, untuk jenis bawang daun Rp13 ribu/kilogram, seledri Rp30 ribu/kilogram, sawi hijau Rp4 ribu/kilogram, sedangkan sawi putih mencapai Rp10 ribu/kilogram. “Sedangkan untuk tomat saat ini bertahan di harga Rp15 ribu/kilogram,” pungkasnya.(hyt/yis/sri)

0 Komentar