Pancasila Diyakini Mampu jadi Perekat Masyarakat Ditengah Pandemi

Pancasila Diyakini Mampu jadi Perekat Masyarakat Ditengah Pandemi
Wagub Jabar meyakini Pancasila lahir berdasarkan kesepakatan sebagai dasar negara, bukan saatnya lagi mempermasalahkan perbedaan.
0 Komentar

Cianjurekspres.net – Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum menyebut Pancasila mampu menjadi perekat dan menguatkan persatuan dan kesatuan di Indonesia.

Menghadiri Parlemen Mengabdi DPRD Provinsi Jabar, Uu mengatakan, bahwa Pancasila sebagai dasar negara Indonesia lahir berdasarkan kesepakatan bersama.

“Tidak ada satu pun sila dalam Pancasila yang bertentangan dengan agama. Justru Pancasila itu bersinergi, saling menguatkan antaragama di antara kita,” kata Uu dalam keterangan tertulisnya, Jumat (18/6/2021).

Baca Juga:RSKIA Bandung Diproyeksi Melayani Pasien Covid-19 UmumBRI Jabarkan Strategi Kembangkan UMKM di UN Compact Leader Summit

Menurutnya, Pancasila lahir berdasarkan kesepakatan sebagai dasar negara, bukan saatnya lagi mempermasalahkan perbedaan.

“Kita harus melaksanakan nilai-nilai Pancasila secara murni dan konsekuen, identik dengan melaksanakan kaidah-kaidah agama,” tambahnya.

Uu menuturkan, Jawa Barat merupakan miniatur Indonesia dengan keragaman suku dan agama. Untuk itu, ia mengajak seluruh masyarakat, agar meningkatkan persatuan dan kesatuan untuk menegaskan Indonesia sebagai negara Pancasila.

“Pancasila adalah anugerah, kita harus bersyukur punya Pancasila sebagai dasar negara,” tegasnya.

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Provinsi Jawa Barat, Ineu Purwadewi Sundari mengatakan, Pancasila menjadi perekat persatuan bangsa yang sangat penting, terutama di masa pandemi Covid-19.

“Pandemi menjadi tantangan besar, pencapaian dan kesabaran dari semua masyarakat agar bisa bertahan hingga ke masa mendatang,” ungkapnya.(rls/nik)

0 Komentar