Mahasiswa Tidak Mampu Akan Digratiskan UKT

Mahasiswa Tidak Mampu Akan Digratiskan UKT
Lokasi: Kampus ITB Bandung (dok)
0 Komentar

Cianjurekspres.net – Jalur penerimaan Seleksi Mandiri yang dilaksanakan Institut Teknologi Bandung (ITB) tahun ini memberikan keringanan pada mahasiswa kurang mampu, berupa pembebasan biaya pendaftaran dan pembayaran uang kuliah tunggal (UKT).

Hal tersebut ditegaskan oleh Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Prof Jaka Sembiring.

Jaka menyebut, pembebasan biaya akan diberikan bagi pendaftar dengan KIP-K (keluarga kurang mampu) setara dengan kriteria syarat KIP-K. Calon mahasiswa dapat dengan mengunggah kartu KIP-K atau keterangan tidak mampu. Dalam situs web resmi seleksi masuk ITB, biaya pendaftaran jalur seleksi mandiri senilai Rp200 ribu untuk seluruh prodi, kecuali prodi di FSRD Rp300 ribu.

Baca Juga:Nining Yuningsih “Ceu Edoh” Isi Waktu Luang dengan Jualan KicimpringEropa Mulai Lirik Vaksin Sinovac

“ Selain biaya pendaftaran, ITB juga akan memberikan pembebasan UKT bagi calon mahasiswa kurang mampu yang lolos seleksi. Dengan syarat prestasi akademik tinggi, itu sebagai kriteria utama dan satu-satunya dalam proses penerimaan mahasiswa baru di ITB,” ucapnya dalam keterangan tertulisnya, Rabu (5/5/2021).

Prof Jaka memaparkan, bahwa jalur Seleksi Mandiri dirancang sebagai skema penerimaan mahasiswa baru program sarjana tanpa subsidi. Namun pembebasan biaya pendaftaran dan kuliah bagi mahasiswa kurang mampu menunjukkan langkah ITB membuka kesempatan bagi calon mahasiswa secara ekonomi namun berprestasi tinggi.

“Dalam hal pembayaran Uang Kuliah Tunggal, ITB memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk melakukannya secara mencicil,” jelasnya.

Pada jalur Seleksi Mandiri ITB tahun ini, calon mahasiswa akan memilih langsung program studi yang diinginkan. “Seluruh program studi menerima penerimaan jalur Seleksi Mandiri, kecuali program studi di ITB Kampus Cirebon. Hal ini dalam rangka insentif bagi program studi di ITB Kampus Cirebon,” paparnya.

Lebih lanjut, Prof Jaka memaparkan, seleksi dilakukan berdasarkan nilai UTBK 2021 dan nilai rapor SMA semester 1-6. “Khusus FSRD, akan dilakukan ujian gambar yang akan dilaksanakan pada 14 Juni 2021,” katanya.

Pendaftaran untuk jalur Seleksi Mandiri dimulai sejak Senin (3/5/2021) dan berakhir 10 Juni 2021.(rls/nik)

0 Komentar