Pasca Longsor Ciloto, BPBD Cianjur Minta Warga Tetap Waspada

Pasca Longsor Ciloto, BPBD Cianjur Minta Warga Tetap Waspada
0 Komentar

Cianjurekspres.net – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cianjur, menyebutkan 2 sekolah dan puluhan rumah terancam longsor susulan di kawasan Puncak Ciloto, warga pun diminta untuk tetap waspada.

Diberitakan sebelumnya, parkiran bekas Bioskop d’Cinema di Kampung Jemprak RT6/3 Desa Ciloto, Kecamatan Cipanas, Kabupaten Cianjur longsor pada Rabu (28/4) malam pukul 20.30 WIB.

Sekretaris BPBD Kabupaten Cianjur, Irfan Sopyan, mengatakan panjang retakan tebing saat ini sudah mencapai 20 meter. Namun longsoran belum berdampak besar lantaran masih terhalang bangunan bekas bioskop.

Baca Juga:Ratusan Karyawan Hotel dan Destinasi Wisata di Cianjur Terima Vaksinasi Covid-19Partai Ummat Resmi Dideklarasikan, Begini Penjelasan Amien Rais

“Jadi yang longsor baru di bagian tebing yang berbatasan dengan bahu jalan. Tanah longsoran tertahan namun juga mengikis bagian gedung bekas bioskop,” kata Irfan saat dihubungi, Kamis (29/4/2021).

Menurutnya pengikisan dan retakan tanah masih terus terjadi dan berpotensi longsor susulan. Irfan mengungkapkan ada dua bangunan sekolah dan sekitar 80 rumah penduduk di bawah tebing yang longsor tersebut. Warga pun diminta tetap waspada, sebab longsor bisa terjadi kapan saja.

“Untuk bangunan sekolah, bagian depannya sudah mulai terkena material longsoran. Untuk permukiman masih aman. Tapi tetap kami minta waspada. Karena jika terjadi longsor susulan, dan bangunan utama bioskop ikut longsor, puluhan rumah di bawahnya bisa tertimbun,” kata dia.

Dirinya menambahkan, petugas BPBD dan PUPR Jabar melakukan penanganan sementara dengan menutup retakan tanah.

“Kami minimalisir adanya longsor susulan, dengan menutup retakan. Karena curah hujan tinggi, khawatir akan terus melebar dan membuat longsor susulan,” kata Irfan.(mg1/hyt)

0 Komentar