oleh

Tanah Longsor di Ciloto, Ratusan Rumah Terancam

Cianjurekspres.net – Parkiran bekas Bioskop d’Cinema di Kampung Jemprak RT6/3 Desa Ciloto, Kecamatan Cipanas, longsor, Rabu (28/4/2021) malam pukul 20.30 WIB.

Bahkan sebuah truk sempat terjebak diantara tanah yang amblas. Sekretaris Desa Ciloto Anwar mengatakan, sebelumnya hujan lebat mengguyur di sekitaran wilayah Puncak Ciloto.

Anwar mengatakan, dampak dari peristiwa tersebut sebagian bangunan Bioskop tersebut mengalami kerusakan.

Menurutnya, peristiwa terjadinya longsor tebing atau parkiran Bioskop d’Cinema tersebut dikarenakan aliran air menyumbat dibagian drainase depan Bioskop.

Sementara itu, Sekretaris BPBD Kabupaten Cianjur Irfan Sopyan, mengatakan, tebing setinggi 10 meter di samping bangunan bioskop mengalami longsoran kecil. Namun tidak lama kemudian, longsoran tersebut terus merembet hingga membuat bahu jalan Cianjur-Puncak mengalami ambles.

“Awalnya ada longsoran di bagian tebing samping lahan parkir dan pos satpam bangunan bekas bioskop. Kemudian terus terjadi pengikisan hingga bahu jalan juga ikut ambles,” ujarnya.

“Dampak dari longsoran tersebut, ada 2 sekolah dibawahnya juga terdampak dan ratusan rumah terancam,” ucapnya.

Kapolsek Pacet AKP Galih Apria, mengatakan jalan ambles juga membuat sebuah truk yang sedang menepi sempat terjebak. Beruntung truk berhasil dievakuasi dan tidak terguling ke jurang.

“Truk sedang menepi, sopirnya istirahat. Tiba-tiba bahu jalannya juga ambles. Beruntung truk tak terguling dan bisa dievakuasi,” ucapnya.

Galih mengatakan petugas masih melakukan pengaturan lalulintas sebab terjadi kemacetan akibat jalan ambles dan longsoran tersebut.

Pengendara juga diimbau untuk berhati-hati sebab longsoran tanah masih terjadi dan retakan semakin memanjang.

“Kita juga pasang garis polisi agar pengendara tidak terlalu mendekati bagian jalan yang ambles,” pungkasnya.(yis/mg1/nik)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *