Tabah Sampai Akhir

1000 Tahun
ilustrasi disway.(net)
0 Komentar

Maksimum, yang bisa dilakukan, adalah membuka pintu darurat itu. Lalu memasukkan kamera untuk merekam seluruh keadaan di dalam kapal selam. Itu pun kalau kapal selam Nanggala masih utuh. Ada kemungkinan kapal itu pecah. Berkeping. Akibat tekanan 85 atmosfer.

Sampai hari ini sebenarnya belum diketahui kepastian ini: di mana kapal selam itu. Bahwa diduga di utara Bali adalah dugaan –berdasar perhitungan. Bahwa di kedalaman 800 meter juga baru dugaan –dari serpihan yang terdeteksi, itu pun kalau benar itu serpihan kapal selam. Bahwa 53 orang tersebut sudah meninggal dunia juga baru dugaan –berdasar ketersediaan oksigen.

Kepastiannya masih menunggu kapsul dari negara mana yang menemukannya.

Yang tahu pasti sebenarnya komandan kapal itu sendiri. Sang komandan selalu melihat indikator di kapal itu: di derajat mana posisi kapal, di kedalaman berapa, dan lagi di kecepatan berapa atau lagi berhenti. Tapi sang komandan tidak bisa mengirimkan data itu ke pusat kendali.

Kedalaman 800 meter membuat sonar tidak bisa dikirim.

Baca Juga:Hari Kesiapsiagaan Bencana 2021, Plt Bupati Cianjur Ajak Masyarakat Tingkatkan Budaya Sadar BencanaImbas Pengetatan Mudik 2021, Omset Anjlok, Pengusaha Travel dan Jasa Perjalanan Terancam Tak Bisa Bayar THR

Kedalaman 800 meter itu juga yang membuat mereka tidak akan membuka pintu darurat. Agar bisa keluar dari kapal. Lalu memanggul tabung oksigen untuk mencapai permukaan.

Mereka tahu ini: begitu keluar dari kapal badan mereka akan hancur. Bentuk badan sih tetap utuh, tapi jaringan tubuh manusia langsung remuk. Tekanan atmosfer tidak kuat ditahan tubuh manusia. Seperti dipresto.

Di kedalaman 800 meter tekanan atmosfernya 85.

Tidak ada tubuh yang kuat di tekanan atmosfer setinggi itu.

Kita ini, di permukaan bumi ini, biasa hidup dengan tekanan 1 atmosfer.

Kalau kita masuk ke dalam ruangan yang tekanan atmosfernya 6 saja, semua jaringan tubuh kita mengecil. Termasuk paru-paru. Juga urat darah.

Maka para penyelam itu punya disiplin atmosfer yang tinggi. Menyelam itu hanya boleh maksimum 30 meter. Itu pun sudah hebat. Itu pun harus dicapai secara bertahap. Tidak boleh langsung menuju kedalaman 30 meter. Ketika masuk ke 3 meter harus berhenti dulu. Biar jaringan dan organ menyesuaikan diri. Lalu berhenti lagi di kedalaman 6 meter. Berhenti lagi di kedalaman 10 meter. Dan seterusnya.

0 Komentar