Waduh, TPAS Pasir Sembung Cianjur Overload

Waduh, TPAS Pasir Sembung Cianjur Overload
OVER LOAD: Sejumlah pemulung mengais barang yang berharga dibalik tumpukan sampah dan alat berat di TPA Pasir Smebung Cilaku. KOndisi TPA saat ini sudah over load atau kelebihan kapasitas.(Ayi Sopiandi/Cianjur Ekspres)
0 Komentar

Cianjurekspres.net – Meski sudah diambang kapasitas atau overload, Tempat Pembuangan Akhir Sampah (TPAS) Pasir Sembung, Kecamatan Cilaku, Kabupaten Cianjur masih saja difungsikan. Hal itu akibat masih belum beroperasinya TPAS yang sedianya di wilayah Cikalongkulon.

Kepala Seksi Pengendalian Lingkungan Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Kabupaten Cianjur, Meidy Prasetyadi mengatakan, pihaknya tidak menampik jika TPAS Pasir Sembung saat ini sudah over load.

“Sekarang ini kapasitas TPA di Pasir Sembung saat ini sudah over load, sehingga saya berharap masyarakat untuk menjaga lingkungan dengan cara memilah sampah organik dan non organik,” kata Meidy dilansir dari Harian Umum Cianjur Ekspres, Kamis (22/4).

Baca Juga:Kades Tersandung Narkoba, Camat Cikalongkulon Tunjuk Sekdes Jalankan Roda Pemerintahan Desa MentengsariKapal Selam Alugoro Dikerahkan Cari KRI Nanggala-402

Meidy mengatakan, bahwa saat ini sedang berjalan pembangunan TPA di Kecamatan Cikalongkulon. “Semoga pembangunan TPA di Cikalongkulon segera selesai, karena kalau tidak mungkin penampungan sampah yang ada di Pasirsembung akan berbahaya karena saat ini saja sudah over load,” katanya.

Meidy berharap kondisi alam saat ini sudah sangat kritis sehingga perlu adanya dengan bersama-sama untuk menjaga alam salah satunya dengan cara menanam pohon.

“Tentunya alam ini harus kita jaga, selain harus memilah sampah, salah satunya jangan buang sampah dan rajin-rajinlah menanam pohon keras. Agar bisa menjaga dan merawat resapan-resapan air,” ungkapnya.

Menurutnya, peran masyarakat dalam pengelolaan sampah ini sangat besar. “Saya berharap, masyarakat jangan lagi ada yang membuang sampah sembarangan khususnya ke sungai, karena selain mencari lingkungan, juga akan menimbulkan bencana banjir,” ungkapnya.(yis/sri/hyt)

0 Komentar