Tiga Aktris Cantik Ini Sukses Memerankan ‘Kartini’

Tiga Aktris Cantik Ini Sukses Memerankan 'Kartini'
Ketiga pemeran RA Kartini
0 Komentar

Cianjurekspres.net – Raden Adjeng (RA) Kartini adalah sosok perempuan yang dikenal aktif dalam memperjuangkan kesetaraab gender di Indonesia. Sehingga, setiap 21 April yang merupakan hari lahirnya selalu menjadi momen yang diperingati.

Kisah RA Kartini sering kali menjadi pembahasan, bahkan beberapa sineas film menjadikannya sebagai sebuah film layar lebar. Tercatat, ada tiga film yang sukses diterima masyarakat. Yakni R.A Kartini (1982), Surat Cinta untuk Kartini (2016) dan Kartini (2017).

Tak hanya sukses dalam filmnya, namun ketiga aktris cantik yang memerankannya pun sukses menjadi sorotan. Inilah dia ketiga artis tersebut.

Yenny Rachman

Baca Juga:Plt Bupati Cianjur Terbitkan Surat Edaran Larangan Mudik Bagi ASN, Ini IsinyaPeringati Hari Kartini, DPPKBP3A Cianjur Gelar Pelayanan KB Gratis

Pertama kali film ini di produksi (1982), Yenny Rachman lah yang memerankannya. Aktris yang aktif sejak tahun 79-an tersebut sukses menghidupkan kembali sosok  tersebut. Film ini diangkat dari buku Biografi Kartini yang ditulis oleh Sitisoemandari Soeroto.

Ia sukses memerankan RA Kartini yang dikenal sebagai sosok tokoh pelopor kebangkitan perempuan, yang pada masanya begitu tertindas serta sosok yang berjuang dalam memperoleh kebebasan dan pendidikan yang layak.

Menariknya film yang disutradarai Sjumandjaja tersebut juga berhasil membawa 4 Piala Citra, serta selalu disebut sebagai film sejarah terbaik era 80-an.

Saat itu, perempuan kelahiran 18 Januari 1959 ini memang dikenal sebagai ‘paket lengkap’, karena memiliki magnet yang menghasilkan film box office (ditonton banyak orang). Ia pun banjir pujian pada saat memerankan sosok Kartini, karena mampu membuat yang nonton merasa kenal dekat dengan pahlawan tersebut.

Rania Putrisari

Setelah lama tidak muncul film yang menceritakan R.A Kartini, Rania Putrisari kembali sukses menghidupkan sosok tersebut melalui film kayar lebar dengan judul Cinta Untuk Kartini (2016). Menariknya saat itu Rania terpilih melalui audisi.

Film yang dibintangi Rania ini mengeksplorasi kisah fiksi antara Sarwadi (Chicco Jerikho), tukang pos yang jatuh cinta dengan sosok Kartini. Bukan hanya paras Kartini, Sarwadi juga terkesima dengan pandangan Kartini.

Berkat totalitasnya dalam memerankan sosok Kartini, membuatnya dinominasikan sebagai Pemeran Pendatang Baru Terbaik di Indonesia Movie Actors Award 2017.

Baca Juga:Kebakaran TeslaDiminta Gubernur Jatim Desain Masjid Islamic Center Surabaya, Ridwan Kamil: Alhamdulillah Jadi Ladang Ibadah

Menurut Lukman Sardi, Produser film tersebut, memilih Rania karena diperlukannya ‘regenerasi’ di dunia perfilman Indonesia.

0 Komentar