oleh

Tiga Aktris Cantik Ini Sukses Memerankan ‘Kartini’

Cianjurekspres.net – Raden Adjeng (RA) Kartini adalah sosok perempuan yang dikenal aktif dalam memperjuangkan kesetaraab gender di Indonesia. Sehingga, setiap 21 April yang merupakan hari lahirnya selalu menjadi momen yang diperingati.

Kisah RA Kartini sering kali menjadi pembahasan, bahkan beberapa sineas film menjadikannya sebagai sebuah film layar lebar. Tercatat, ada tiga film yang sukses diterima masyarakat. Yakni R.A Kartini (1982), Surat Cinta untuk Kartini (2016) dan Kartini (2017).

Tak hanya sukses dalam filmnya, namun ketiga aktris cantik yang memerankannya pun sukses menjadi sorotan. Inilah dia ketiga artis tersebut.

Yenny Rachman

Pertama kali film ini di produksi (1982), Yenny Rachman lah yang memerankannya. Aktris yang aktif sejak tahun 79-an tersebut sukses menghidupkan kembali sosok  tersebut. Film ini diangkat dari buku Biografi Kartini yang ditulis oleh Sitisoemandari Soeroto.

Ia sukses memerankan RA Kartini yang dikenal sebagai sosok tokoh pelopor kebangkitan perempuan, yang pada masanya begitu tertindas serta sosok yang berjuang dalam memperoleh kebebasan dan pendidikan yang layak.

Menariknya film yang disutradarai Sjumandjaja tersebut juga berhasil membawa 4 Piala Citra, serta selalu disebut sebagai film sejarah terbaik era 80-an.

Saat itu, perempuan kelahiran 18 Januari 1959 ini memang dikenal sebagai ‘paket lengkap’, karena memiliki magnet yang menghasilkan film box office (ditonton banyak orang). Ia pun banjir pujian pada saat memerankan sosok Kartini, karena mampu membuat yang nonton merasa kenal dekat dengan pahlawan tersebut.

Rania Putrisari

Setelah lama tidak muncul film yang menceritakan R.A Kartini, Rania Putrisari kembali sukses menghidupkan sosok tersebut melalui film kayar lebar dengan judul Cinta Untuk Kartini (2016). Menariknya saat itu Rania terpilih melalui audisi.

Film yang dibintangi Rania ini mengeksplorasi kisah fiksi antara Sarwadi (Chicco Jerikho), tukang pos yang jatuh cinta dengan sosok Kartini. Bukan hanya paras Kartini, Sarwadi juga terkesima dengan pandangan Kartini.

Berkat totalitasnya dalam memerankan sosok Kartini, membuatnya dinominasikan sebagai Pemeran Pendatang Baru Terbaik di Indonesia Movie Actors Award 2017.

Menurut Lukman Sardi, Produser film tersebut, memilih Rania karena diperlukannya ‘regenerasi’ di dunia perfilman Indonesia.

Dian Sastrowardoyo

Setahun setelah film ‘Cinta untuk Kartini’, masyarakat kembali disuguhkan dengan akting memukau aktris cantik, Dian Sastrowardoyo.  Ini menjadi film ketiga yang mengadaptasi sosok pahlawan emansipasi wanita tersebut.

Kisahnya berpusat pada Kartini yang tumbuh melihat ibunya menjadi orang terbuang di rumahnya sendiri. Berangkat dari hal tersebut Kartini pun berjuang untuk menyetarakan hak bagi perempuan terutama pendidikan.

Bersama kedua saudarinya yang bernama Roekmini (Acha Septriasa) dan Kardinah (Ayushita), Kartini berjuang mendirikan sekolah untuk kaum miskin dan menciptakan lapangan pekerjaan bagi semua masyarakat Jepara.

Film ini disutradarai oleh Hanung Bramantyo, mengangkat kisah nyata perjuangan Kartini di Indonesia pada awal 1900 Masehi. Dimana, saat itu wanita tidak boleh memiliki pendidikan tinggi bahkan untuk para ningrat sekalipun.

Usai dirilis (2017), film ini meraih pendapatan kotor Rp19 miliar. Dian Sastrowardoyo pun dinilia memerankan sosok Kartini yang kalem dan lembut, serta mampu menggunakan Bahasa Jawa harus dan Belanda. Tidak hanya Dian, film Kartini juga menyabet 13 nominasi dalam festival tersebut.(bbs/nik)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *