Ingin Mendapatkan Berkah? Amalkan  5 Hal ini di Hari Jumat

Ingin Mendapatkan Berkah? Amalkan  5 Hal ini di Hari Jumat
llustrasi (internet)
0 Komentar

Cianjurekspres.net – Ramadan merupakan bulan yang penuh berkah. Hari Jumat sendiri memiliki keutamaan dibanding hari-hari yang lain dalam satu pekan. Keutamaan hari ini dijelaskan sendiri oleh Nabi Muhammad SAW di berbagai hadistnya.

Dikatakan antara lain, hari Jumat bertepatan dengan waktu diciptakan Nabi Adam AS dan waktu diwafatkannya, bahkan juga menjadi hari sangkakala ditiup sebagai tanda hari kiamat.

Karena keutamaan ini, Rasulullah SAW menganjurkan untuk giat melakukan berbagai amal kebaikan di hari yang juga digelari dengan sayyidul ayyam (tuan segenap hari). Beberapa amalan yang bisa dilakukan adalah memperbanyak membaca Alquran, berdoa, dan sholawat.

Memperbanyak Bacaan Alquran

Baca Juga:Pendapatan Pajak dari Restoran Naik 500 PersenKeistimewaan Berpuasa Ramadan di Hari Jumat

Membaca Alquran menjadi kebutuhan bagi seorang Muslim setiap harinya. Namun membaca Alquran pada hari Jumat memiliki keistimewaan tersendiri. Salah satu hadist Nabi bahkan mengatakan membaca Surat Al-Kahfi pada hari Jumat akan membuat wajah pembacanya seperti disinari cahaya.

Diriwayatkan dari sahabat Abu Sa’id Al-Khudhri RA, Nabi Muhammad SAW bersabda: “Barangsiapa yang membaca surat Al-Kahfi pada hari Jumat, dia akan disinari cahaya di antara dua Jumat.” (HR An-Nasa’i dan Baihaqi)

Berdoa

Berdoa menjadi amalan yang tidak pernah luput bagi Umat Islam setiap harinya, setelah sholat bahkan di setiap aktivitasnya. Namun berdoa pada hari Jumat memiliki keutamaan tersendiri. Karena hari Jumat memiliki waktu yang dikatakan Nabi menjadi waktu mustajab untuk berdoa.

Dari Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda : “Sesungguhnya pada hari Jumat terdapat suatu waktu yang jika pada waktu itu seorang Muslim tepat berdoa memohon kebaikan kepada Allah maka Allah akan mengabulkannya, dan rentang waktu cukup singkat.” (HR Muslim)

Hadits lain, Rasulullah SAW menjelaskan waktu mustajab tersebut. Dari Abu Burdah, Rasulullah SAW bersabda tentang waktu Jumat tersebut:

“Bahwasanya itu adalah waktu ketika imam duduk (di mimbar) sampai selesai sholat.” (HR Muslim).

Ada juga riwayat lain yang mengatakan bahwa waktu mustajab itu adalah di pengujung Ashar pada hari Jumat. Hadist dari Jabir bin Abdillah RA yang menjelaskan bahwa Rasulullah SAW bersabda:

0 Komentar