Keistimewaan Berpuasa Ramadan di Hari Jumat

Keistimewaan Berpuasa Ramadan di Hari Jumat
Ilutrasi (internet)
0 Komentar

Cianjurekspres.net – Beribadah puasa Ramadan pada hari Jumat memiliki beberapa keistimewaan, karena umat Islam mengistimewakan hari Jumat, dibanding hari-hari lainnya. Bagi muslim, Jumat adalah hari yang perlu dijalani dengan bahagia dan lebih khusuk dalam beribadah.

Berikut ini 10 keistimewaan puasa Ramadan pada hari Jumat:

Hari yang Paling Mulia

Hari Jumat adalah hari yang paling mulia, sehingga muslim yang berpuasa juga akan mendapat kemuliaan dan lebih bermakna. Rasulullah bersabda, “Hari Jumat adalah penghulu hari-hari dan hari yang paling mulia di sisi Allah, hari Jumat ini lebih mulia dari Hari Idul Fitri dan Hari Idul Adha di sisi Allah.”

Hari yang Akan Menjadi Hari Akhir (Kiamat)

Hari Jumat adalah hari yang akan dipilih menjadi hari kiamat. Jika seandainya hari kiamat adalah ketika kita sedang melaksanakan ibadah (puasa Ramadan), tentu kita akan meninggal dalam khusnul Khotimah. Dari Abu Hurairah, sesungguhnya Rasulullah SAW bersabda, “Pada hari itu ia dikeluarkan dari jannah dan tidak akan terjadi hari kiamat kecuali pada hari jumat.” (HR. Muslim dan Tirmidzi)

Punya Dua Waktu Mustajab untuk Berdoa

Baca Juga:Malam Ini, Persib Lakoni Laga Leg 1 Semifinal Piala Menpora 2021 Kontra PS SlemanKesembuhan Covid-19 Capai 90,5 Persen

Hanya pada hari Jumat terdapat waktu mustajab untuk berdoa, yaitu saat salat Jumat, atau lebih tepatnya saat khatib Salat Jumat turun dari mimbar sampai salat Jumat selesai, dan setelah waktu Asar. Dalam Hadis Riwayat Abu Hurairah dijelaskan bahwa pada hari Jumat terdapat waktu mustajab, di mana jika seorang muslim berdoa dan memohon sesuatu kepada Allah pada waktu itu, niscaya Allah akan mengabulkannya. Apalagi doa orang yang sedang berpuasa, tentu lebih didengarkan oleh Allah SWT.

Hari yang Mustajab untuk Berdoa

Selain poin yang ketiga (punya dua waktu mustajab untuk berdoa), diyakini keseluruhan hari Jumat adalah waktu yang bagus untuk berdoa. Rasulullah bersabda, “Sebaik-baik hari yang pada hari itu matahari terbit adalah Hari Jumat.” (HR. Muslim)

Lebih Utama untuk Bersedekah

Pada hari Jumat apabila muslim berniat bersedekah akan lebih istimewa. Perbandingannya seperti keistimewaan bulan Ramadan dengan bulan yang lain. Seperti yang dijelaskan seorang Imam Sunni dan ahli Fiqih Ibnu Qoyyim, yang artinya, “Sedekah pada hari itu dibandingkan dengan sedekah pada enam hari lainnya, laksana sedekah bulan Ramadhan dibanding bulan-bulan lainnya.”

0 Komentar