BRI Jamin Keamanan Simpanan Nasabah dan Ganti Kerugian Nasabah Korban Skimming

BRI Jamin Keamanan Simpanan Nasabah dan Ganti Kerugian Nasabah Korban Skimming
Ilusrasi Kantor BRI Cabang Cianjur.
0 Komentar

Cianjurekspres.net – PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk menjamin keamanan simpanan nasabah dan akan mengganti seluruh kerugian, apabila nasabah terbukti menjadi korban peretasan kartu ATM atau kejahatan perbankan skimming. Jaminan ini disampaikan BRI mengingat hingga kini masih ada sejumlah nasabah yang menjadi korban skimming.

Corporate Secretary BRI Aestika Oryza Gunarto mengungkapkan bahwa nasabah tak perlu khawatir, karena BRI akan mengganti kerugian nasabah yang terkena skimming maksimal 20 hari kerja sejak laporan diterima.

“BRI menjamin simpanan nasabah tetap aman, dan masyarakat tak perlu panik serta khawatir uangnya hilang,” ujar Aestika dalam keterangan tertulis yang diterima cianjurekspres.net, Selasa (6/4/2021).

Baca Juga:PPKM Mikro Diperpanjang Hingga 19 April 2021Terpanjang Baru

Aestika juga mengatakan, pihaknya saat ini telah menerima dan menindaklanjuti sejumlah pengaduan nasabah di Cianjur, Jawa Barat yang baru-baru ini terkena dugaan tindak skimming. Proses investigasi oleh BRI dan pihak-pihak terkait kini tengah berlangsung.

“Apabila terbukti merupakan korban tindak kejahatan skimming, BRI bertanggungjawab untuk segera menyelesaikan hal tersebut,” tambah Aestika.

BRI mengimbau agar nasabah lebih berhati-hati dalam melakukan transaksi perbankan, tips amannya yakni dengan rutin melakukan penggantian PIN kartu ATM, dan juga menjaga kerahasiaan data nasabah seperti nomor kartu, nomor CVV kartu debit/kredit, hingga nomor OTP (One Time Password) transaksi, serta data perbankan lainnya kepada pihak manapun, termasuk yang mengatasnamakan BRI.

BRI juga mengajak nasabah untuk mengaktifkan fitur SMS notifikasi guna mengetahui perubahan saldo nasabah atau mutasi rekening.

Disamping itu, BRI menyarankan kepada nasabahnya agar segera mengganti kartu debitnya ke kartu ber-chip. Penggantian ini wajib dilakukan pada tahun ini sebagaimana yang telah ditetapkan oleh OJK, khususnya dalam rangka meningkatkan keamanan transaksi nasabah.

Penggunaan kartu debit ber-chip akan mengurangi tindak kejahatan perbankan dan juga keamanan simpanan nasabah, karena aksi skimming tak bisa dilakukan pelaku kejahatan perbankan. Penggantian kartu debit lama berbasis magnetic stripe menjadi kartu berchip bisa dilakukan di kantor-kantor BRI terdekat secara gratis.

0 Komentar