oleh

Antisipasi Kenaikan Harga, Plt Bupati Cianjur Pastikan Stok Pangan untuk Ramadan dan Idul Fitri Aman

Cianjurekspres.net – Plt Bupati Cianjur, Herman Suherman memastikan stok pangan untuk Ramadan dan Idul Fitri aman. Pemkab juga akan melakukan upaya antisipasi kenaikan harga, terutama daging dan bumbu dapur.

Herman mengatakan untuk stok pangan sudah dicek setiap harinya oleh Dinas Koperasi UMKM, Perdagangan dan Perindustrian (Diskoperdagin), sehingga jika ada stok yang kurang akan langsung dicarikan pasokannya.

“Saya sudah memerintahkan Diskoperdagin untuk memantau terus stok pangan. Makanya bisa dipastikan semua komoditas aman saat bukan puasa dan Idul Fitri,” ujarnya, Senin (5/4/2021).

Baca Juga: Belum Direlokasi, Ratusan Warga Terdampak Pergerakan Tanah di Batulawang Cianjur Masih Mengungsi

Menurutnya, Cianjur juga sudah banyak memproduksi komoditas pangan secara mandiri, sehingga bisa terpantau pasokannya.

“Adapun yang masih mengambil dari daerah lain hanya bawang merah, kalau komoditas lain sudah ada produsennya. Apalagi peternakan, kita punya banyak,” katanya

Terkait harga, Herman menjelaskan jika beberapa komoditas yang sebelumnya melonjak kini berangsur turun. Namun ada juga bahan pangan yang mulai menunjukan kenaikan harga.

“Cabai rawit merah sekarang turun, dari yang semula Rp120 ribu per kilogram jadi Rp100 ribu per kilogram. Yang naik sekarang daging ayam, dari yang awalnya Rp32 ribu menjadi Rp36 ribu sampai Rp38 ribu per kilogram,” ungkapnya.

“Kita upayakan agar harga kembali normal, jikapun naik tidak signifikan. Kita akan cek ke pasar, jika memang diperlukan akan dirapatkan dengan peternak untuk mencari solusi agar harga bisa normal,” tambah Herman.(mg1/hyt)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *