Menkop Targetkan 30 Juta UMKM Go Digital

Menkop Targetkan 30 Juta UMKM Go Digital
0 Komentar

Cianjurekspres.net – Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil didaulat sebagai brand ambasador bagi produk-produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) unggulan di Jabar. Gubernur nantinya akan memberikan review atas produk UMKM tersebut terutama yang sudah go digital.

Hal itu dikatakan Menteri Koperasi dan UMKM, Teten Masduki saat menghadiri Grand Opening Jabar Culture & Tourism Festival 2021 (JaFest 2021) di Gedung Sate.

“Jadi saya kira gubernur sebagai brand ambasador untuk produk UMKM. Nanti akan dikurasi produk UMKM yang memang kita dorong (dipromosikan) pada bulan April ini melalui JaFest 2021,” ujarnya.

Baca Juga:Jabar Tuan Rumah Gernas 2021Uu Ruzhanul: Manfaatkan Lahan Minim untuk Produk Tani

Teten menegaskan, UMKM di Jabar selama bulan April nanti harus benar-benar mampu menguasai pasar konsumsi di masyarakat melalui kegiatan JaFest 2021. Terlebih gerakan bangga buatan Indonesia, Jabar menjadi tuan rumahnya.

“Setelah itu kita akan dorong agar produk UMKM yang sudah go digital sepanjang April ini, untuk juga bisa diterima di platform digital global ,” tegasnya.

Teten menyebutkan saat ini baru sebanyak 12 juta UMKM yang sudah go digital secara nasional. Ditargetkan pada tahun 2023 mendatang, sebanyak 30 juta UMKM akan go digital. Dengan kata lain , setiap bulannya, sebanyak 500 ribu UMKM akan didorong untuk memanfaatkan digital atau aplikasi digital dalam pemasaran produknya.

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Jabar, Kusmana Hartadji menambahkan, gubernur sudah sejak lama terus membantu promosi produk UMKM Jabar agar bisa mendunia. Sebagai puncaknya adalah penghargaan dari Kementerian Koperasi dan UMKM, dipilih sebagai brand ambasador UMKM Jabar.

“Nanti akan diawali launching promosi produk Jabar 2-4 April, tetapi pelaksanaannya selama bulan April 2021. Ini menjadi bentuk bela negara, dengan membantu promosi UMKM,” tegasnya.

Promosi produk UMKM Jabar akan kembali masif dilakukan selama bulan April ini pada event Pekan Kreatif Jabar (PKJB) dan Karya Kreatif Jabar (KKJB) 2021.(rls/nik)

0 Komentar