Jabar Tuan Rumah Gernas 2021

Jabar Tuan Rumah Gernas 2021
0 Komentar

Cianjurekspres.net — Jawa Barat akan jadi tuan rumah Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI).

Event ini akan mempromosikan dan menawarkan produk UMKM lokal selama sebulan penuh sebagai tulang punggung pemulihan ekonomi di era pandemi Covid-19.

Jawa Barat ditunjuk sebagai tuan rumah dan rencananya Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, menjadi brand ambassador atau key opinion leader (KOL) Gernas BBI.

Baca Juga:Uu Ruzhanul: Manfaatkan Lahan Minim untuk Produk TaniMacan ABlinken

Dalam kesempatan yang sama, Ridwan Kamil meminta masyarakat bersiap untuk bertransaksi digital karena produk UMKM yang dijual sebagian besarnya akan dijual secara online.

“Jangan hanya UMKM yang dipaksa untuk on boarding digital, masyarakat juga harus dipaksa untuk melakukan transaksi digital,” ujarnya usai rakor persiapan Gernas BBI Jabar bersama Menteri Koperasi UKM, serta Kepala Perwakilan Bank Indonesia Jabar, di Gedung Sate, Kota Bandung.

Di sisi lain, pelaku UMKM harus menerima produknya dikritisi agar dapat berkembang dan berani bersaing dengan produk lain.

“Saya pun melihat produk yang dihasilkan UMKM itu berkualitas dan sangat bagus, maka dari itu harus mau dikritisi agar dapat berkembang. Saya yakin dengan teamwork semuanya akan berjalan lancar dan saya juga ingin berada dalam tim tersebut,” ungkapnya.

Menurut Emil (sapaan Ridwan Kamil), untuk menyukseskan program ini Jabar telah berkolaborasi dengan provinsi lain, salah satunya Bali.

“Saya telah bertemu gubernur Bali, karena Bali ekonominya lebih terdampak daripada kita. Ada semangat kolaborasi dan solidaritas yang akan dikerjasamakan,” katanya.

“Intinya luar biasa kolaborasinya, pokoknya belanja UMKM adalah bela negara,” tambahnya.

Baca Juga:PSIS Semarang Vs Barito Putera Imbang 3-3UMKM Jawa Barat Tembus Pasar Global

Gernas BBI akan dilaksanakan secara hybrid, ada yang mengikuti via online dan bisa juga secara offline dengan tetap menerapkan protokol kesehatan ketat.

Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki menyatakan, Gernas BBI bertujuan agar masyarakat bangga membeli dan mengonsumsi produk dalam negeri.

“Yang paling utama kita ingin mendorong semakin banyak UMKM yang sudah mulai go digital,” ujarnya.

Teten berujar, Gernas BBI tuan rumahnya adalah Jabar dan Ridwan Kamil sebagai brand ambassador. Diharapkan partisipasi UMKM Jabar tinggi.

0 Komentar