KAI Daop 2 Tambah Layanan GeNose C19 di Stasiun Kiaracondong

KAI Daop 2 Tambah Layanan GeNose C19 di Stasiun Kiaracondong
0 Komentar

Cianjurekspres.net – Tarif pemeriksaan GeNose C19 di stasiun mengalami penyesuaian terhitung mulai Sabtu (20/3/2021). Setelah 1 bulan lebih diterapkan, tarif khusus atau pre-launching sebesar Rp20.000, maka per 20 Maret 2021 tarif pemeriksaan GeNose C19 di stasiun menjadi Rp30.000 termasuk juga di Stasiun Bandung.

“KAI khususnya Daop 2 Bandung akan semakin meningkatkan pelayanan pemeriksaan GeNose C19 di stasiun dengan secara bertahap menambah lokasi pemeriksaan GeNose C19,” ujar Manager Humasda Daop 2 Bandung, Kuswardoyo di kantornya, Jumat (19/3/2021).

Mulai besok, lanjutnya, Daop 2 menambah stasiun yang menyediakan layanan pemeriksaan GeNose C19 yakni Stasiun Kiaracondong yang merupakan kerja sama antara KAI dan Farmalab, anak perusahaan Indofarma.

Baca Juga:Upacara Bandung Lautan Api Akan Digelar 24 MaretWisatawan ke Bandung Turun 50 Persen

Sebelumnya KAI telah menyiapkan layanan GeNose di Stasiun Bandung pada tanggal 15 Febuari 2021 kerjasama dengan Rajawali Nursindo. Kolaborasi ini merupakan komitmen KAI terhadap kebijakan pemerintah terkait persyaratan naik KA Jarak Jauh dan sinergi dengan BUMN lainnya dalam hal pengimplementasian dari SE Satgas Covid-19 No 7 tahun 2021 dan SE Kemenhub No.20 tahun 2021.

Bersamaan dengan penambahan layanan GeNose di Stasiun Kiaracondong juga dilaksanakan di 8 Stasiun lainnya yakni Stasiun Stasiun Bekasi, Kiaracondong, Cirebon Prujakan, Tegal, Kutoarjo, Lempuyangan, Semarang Poncol, Jombang, dan Sidoarjo.

Total stasiun yang melayani pemeriksaan GeNose C19 menjadi 23 stasiun. Sebelumnya, terdapat 14 stasiun telah melayani pemeriksaan GeNose C19 yaitu Stasiun Pasar Senen, Gambir, Bandung, Cirebon, Semarang Tawang, Purwokerto, Yogyakarta, Solo Balapan, Madiun, Surabaya Pasarturi, Surabaya Gubeng, Malang, Jember, dan Ketapang.

Kuswardoyo mengatakan, bahwa hasil pemeriksaan GeNose C19 di stasiun tersebut dapat dipakai untuk keberangkatan di seluruh stasiun yang melayani perjalanan KA Jarak Jauh.

Untuk dapat melakukan pemeriksaan GeNose C19 di stasiun, calon penumpang harus memiliki tiket atau kode booking KA Jarak Jauh yang sudah lunas, serta tidak boleh merokok, makan, minum (kecuali air putih) selama 30 menit sebelum melaksanakan tes.

Untuk menggunakan KA Jarak Jauh pelanggan diharuskan menunjukkan surat keterangan negatif GeNose C19 atau Rapid Test Antigen atau RT-PCR yang sampelnya diambil dalam kurun waktu maksimal 3×24 jam sebelum keberangkatan.

Khusus untuk keberangkatan pada hari libur keagamaan dan libur panjang diwajibkan menunjukkan surat keterangan negatif screening Covid-19 yang sampelnya diambil dalam kurun waktu maksimal 1×24 jam sebelum keberangkatan.

0 Komentar