oleh

Cegah Covid-19, Relawan SIBAT PMI Cianjur Sasar Kelompok Pengajian

Cianjurekspres.net – PMI Kabupaten Cianjur terus bergerak menguatkan masyarakat untuk bersama-sama mencegah penularan Covid-19 melalui Relawan Siaga Bencana Berbasis Masyarakat (SIBAT). Salah satu sasarannya adalah kelompok pengajian.

Seperti di Desa Susukan dan Girimukti, Kecamatan Campaka, Anggota SIBAT mengedukasi masyarakat agar tetap patuh melaksanakan protokol keseharan dan melakukan disinfektan secara mandiri.

“Kelompok Pengajian menjadi perhatian dalam pelayanan para relawan SIBAT bersama kelurahan dan unsur Satgas Covid-19 , karena kelompok masyarakat ini sangat rentan terjadi penularan COVID-19. Maka dari itu kami melakukan pelayanan disinfeksi, edukasi dan mendistribusikan masker,” kata Kader Posyandu Rita Rishana dalam keterangan tertulis yang diterima redaksi, Senin (22/1/2021).

Baca Juga: Polres Cianjur Amankan 8 Pengedar Narkoba

Pelayanan pencegahan Covid-19 tersebut seperti dilakukan di masjid Kampung Susukan RT 02/RW 04 Desa susukan kecamatan Campaka dengan diikuti peserta sekitar 40 orang. Kegiatan ini akan dilakukan di seluruh kelompok pengajian yang ada di Desa Susukan dan Giri Mukti Kecamatan Campaka.

Menurutnya, relawan SIBAT dan pihak satgas Covid 19 menggelar ragam kegiatan yang meliputi edukasi PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat), praktek langkah cuci tangan yang benar, disinfeksi dan distribusi masker dan media KIE serta Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

“Salah satu langkah antisipasi yang baik untuk mencegah COVID-19 adalah dengan menerapkan PHBS juga dengan rajin mencuci tangan, tidak hanya untuk orang dewasa saja, tetapi juga untuk anak-anak dan usia muda,” imbuh Rita.

Sementara itu salah seorang pengelola kelompok pengajian Iyus Rustandi mengucapkan, pihaknya menyambut baik dengan diadakannya kegiatan yang dilakukan relawan SIBAT di kegiatan pengajian ini.

Diakuinya, meski saat ini sudah diberlakukan protokol kesehatan, pihaknya sangat berharap kegiatan penyuluhan seperti ini bisa rutin dan berkesinambungan kedepannya.

Ketua PMI Kabupaten Cianjur, Rudi Syachdiar Hidayat menegaskan, keberadaan Relawan SIBAT dalam upaya memutus rantai penularan covid-19 di masyarakat sangat membantu pemerintah apalagi sejalan dengan diberlakukannya PPKM di kabupaten Cianjur.(hyt)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *