oleh

Pendonor Minim, PMI Cianjur Kekurangan Stok Darah

Cianjurekspres.net – Komunitas Sadulur Cipanas (SDC) yang bergerak di sosial kini mulai kesulitan untuk mendapatkan darah bagi masyarakat yang membutuhkan.

Keberadaan Komunitas SDC mulai bergerak pada Juni 2020 lalu, dibidang sosial seperti penyaluran bantuan dan juga bantuan donor darah bagi masyarakat yang membutuhkan.

Pembina Sadulur Cipanas (SDC) Dede Ikhsan mengatakan, kegiatan sosial yang dilakukan mulai dari berbagi ke sesama hingga melakukan kegiatan rutin donor darah bagi masyarakat yang membutuhkan.

“Jadi, kami di Komunitas SDC ini mulai bergerak pada Juni 2020 kemarin, salah satu kegiatan rutin dengan mendonorkan darah di semua anggota yang aktif di SDC,” katanya dilansir dari Harian Cianjur Ekspres, Rabu (17/2).

Baca Juga: Lapuk Dimakan Usia, Rumah Mak Icih Nyaris Ambruk

Dede mengatakan, kurang lebih ada 200 anggota Komunitas SDC yang aktif saat ini telah mendonorkan darahnya bagi masyarakat terlebih jika ada pasien yang terkena dengan penyakit gagal ginjal.

“Dalam satu hari yang nge WA ke saya ada yang minta bantuan donor darah hingga 8 labu, sedangkan stoknya saat ini mulai sulit,” ujarnya.

Permintaan batuan darah ke SDC ini sangat banyak, yang jadi permasalahan sekarang semua anggota sudah melakukan donor darah sedangkan jarak pengambilan darah minimal 2,5 bulan akan tetapi kebutuhan masyarakat sangat banyak.

“Sebagai orang yang bergerak di sosial, saya berharap ada masyarakat lainnya yang siap untuk menjadi seorang pendonor darah,” paparnya.

Kesulitan SDC menyalurkan bantuan donor darah ini sejak kembali mencuatnya Covid-19. “Bulan-bulan sebelumnya kami dari Komunitas SDC lancar-lancar saja melakukan pendonoran darah, tapi di bulan Februari ini karena banyak yang membutuhkan kami sangat keteteran,” jelasnya.

Sekretaris Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Cianjur Heri Hidayat mengaku stok darah di PMI saat ini lagi kosong.

“Stok darah di PMI saat ini lagi kosong, jadi kami dari PMI mengimbau bagi masyarakat yang mau mendonorkan darahnya dipersilahkan untuk datang langsung ke PMI dengan membawa persyaratan keterangan hasil Swab,” tandasnya.(yis/sri)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *